Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perpanjangan Jalur LRT hingga Bogor Bakal Pakai Skema KPBU

Kompas.com - 25/08/2018, 21:20 WIB
Ridwan Aji Pitoko,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berencana memanjanngkan jalur light rail transit (LRT) Jabodebek hingga ke Bogor. Sampai saat ini, sesuai dengan rencana awal LRT tersebut baru akan sampai Cibubur.

Menhub Budi Karya Sumadi menyampaikan, LRT dari Cibubur ke Bogor akan dibangun dengan skema Kerjasama Pemerintah Badan Usaha atau KPBU.

"Artinya, LRT ke Bogor ini akan didesain oleh kita dan diberikan kesempatan ke swasta untuk menawar mana yang paling ekonomis," kata Budi Karya di Puri Begawan, Bogor, Sabtu (25/8/2018).

Atas skema tersebut, Budi Karya tak menutup kemungkinan jika Adhi Karya bisa menjadi kontraktor LRT ke Bogor seperti saat mengerjakan LRT Jabodebek yang berakhir di Cibubur.

Budi Karya pun berharap proses pelelangan proyek LRT ke Bogor bisa rampung pada akhir tahun ini dan pengerjaannya dimulai tahun depan.

"Kami ingin governance, kesempatan itu diberikan juga ke swasta lainnya. Akhir tahun ini (prosesnya) selesai, tahun depan kita mulai. Untuk anggaran mudah-mudahan bisa ditekan lebih kecil dari LRT sebelumnya," sambungnya.

Mantan Direktur Utama Angkasa Pura II itu menambahkan, nantinya kelanjutan LRT Jabodebek tersebut akan dibangun hingga pusat kota Bogor.

"Panjangnya 53 kilometer, dari Cibubur sampai pusat kota Bogor. Kalau enggak begitu nanti saya dimarahin Pak Wali (Bima Arya)," pungkas Budi Karya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com