Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Tengah Ketidakpastian Pasar, Reksa Dana Apa yang Cocok Dipilih?

Kompas.com - 31/08/2018, 06:41 WIB
Ambaranie Nadia Kemala Movanita ,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak bisa dimungkiri, situasi global saat ini memang menimbulkan kekhawatiran masyarakat untuk menginvetasikan uangnya. Salah langkah, malah memilih reksa dana berisiko tinggi yang berujung membuat rugi.

Co-Founder Jagartha Advisors Ari Adil mengatakan, reksa dana yang ideal diambil di tengah ketidakpastian pasar ini adalah kombinasi atau campuran antara reksa dana yang berisiko rendah dan berisiko tinggi.

"Untuk keadaan pasar yang kurang menentu, kombinasi lebih bagus kalau seseorang mau menempatkan dananya di reksa dana," ujar Ari di Jakarta, Kamis (30/8/2018).

Ari mengatakan, reksa dana kombinasi lebih bermain aman di tengah dua kemungkinan risiko. Dengan demikian, peluang mendapat hasil investasi yang optimal bisa lebih tinggi

"Tapi tergantung alokasinya. Makin panjang tujuan investasinya, mungkin alokasi di reksadana berisiko tinggi lebih banyak daripada berisiko rendah," kata Ari.

Sebagian besar klien Jagartha tertarik pada pasar saham untuk berinvestasi. Untuk itu, kata Ari, Jagartha merekomendasikan agar saat masuk ke pasar saham, dilakukan secara berkala.

"Jangan langsung sekaligus meningkatkan dana yang ada untuk beli reksadana saham atau saham yang kita ingin beli," kata Ari.

"Diharapkan kita dapatkan harga rata-rata yang lebih menarik," lanjut dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com