Perolehan Emas Atlet Asian Games Lampaui Ekspektasi, Pemerintah Telah Anggarkan Bonus

Kompas.com - 31/08/2018, 10:38 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani KOMPAS.com/AMBARANIE NADIAMenteri Keuangan Sri Mulyani

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada hari ke-12 penyelenggaraan Asian Games Jakarta-Bandung, kontingen Indonesia menduduki posisi ke-4 dalam klasemen dengan 30 medali emas.

Pemerintah pun menyiapkan bonus sebesar Rp 1,5 miliar untuk masing-masing atlet yang mempereh emas. Sehingga, dengan perolehan emas kali ini, jumlah dana yang harus dikucurkan oleh pemerinrah sebesar Rp 45 miliar.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengaku, pemerintah telah menyiapkan anggaran untuk bonus atlet tersebut, meski jumlah perolehan medali emas kali ini hampir dua kali lipat lebih banyak dari yang ditargetkan.

Sebelumnya, Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan, pada Asian Games 2018 kontingen Indonesia menarget untuk bisa memperoleh 16 medali emas.

"Presiden akan memberikan penghargaan dan nanti akan disiapkan, anggarannya sudah siap," ujar dia selepas melakukan olah raga voli bersama jajaran pejabat Kementerian Keuangan dan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian di Jakarta, Jumat (31/8/2018).

Sri Mulyani pun menjelaskan, penghargaan yang diberikan oleh pemerintah kepada para atlet tidak hanya material saja, tetapi non material untuk memicu semua cabang olah raga supaya meningkatkan prestasi mereka.

Sebelumnya, Presiden Jokowi juga telah menekankan agar bonus untuk para atlet segera cair.

"Ya itu sukses, saya rasa itu adalah pencapaian yang luar biasa dari atlit kita, semangat mereka untuk mengharumkan Indonesia di bidang sport, itu bagus. Kami harap momentumnya akan tetap terjaga," ujar Sri Mulyani.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X