Pemerintah Buka Rekrutmen 238.015 CPNS Tahun Ini

Kompas.com - 06/09/2018, 13:31 WIB
Ilustrasi tes CPNSTRIBUN / HERUDIN Ilustrasi tes CPNS

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) akhirnya mengumumkan jumlah kebutuhan calon pegawai negeri sipil ( CPNS) untuk tahun 2018.

"Tahun ini kebutuhan CPNS nasional adalah 238.015 yang terdiri dari 51.271 untuk instansi pusat dan 186.744 untuk instansi daerah," kata Menpan-RB Syafruddin dalam jumpa pers di Hotel Bidakara Jakarta, Kamis (6/9/2018).

Syafruddin menambahkan, anggota CPNS untuk instansi pusat akan ditempatkan di 76 kementerian/lembaga (K/L). Sementara untuk anggota CPNS di instansi daerah ditempatkan di 525 pemerintah daerah baik kabupaten maupun kota.

Mantan Wakapolri tersebut juga menegaskan masih menerapkan zero minus growth dalam rekrutmen CPNS tahun ini. Hal itu berarti moratorium CPNS dalam rekrutmen tahun ini, kecuali untuk guru dan tenaga kesehatan.

Baca juga: Siap-siap, Pemerintah Akan Kembali Buka Penerimaan CPNS

"Kecuali untuk formasi guru dan dosen karena sangat dibutuhkan, guru madrasah juga termasuk. Kemudian yang sangat dibutuhka adalah tenaga kesehatan sehingga formasinya akan didominasi guru dosen dan tenaga kesehatan," jelas Syafruddin.



Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Close Ads X