Kesepakatan Ekonomi dengan Australia, Indonesia Bidik ke Otomotif

Kompas.com - 07/09/2018, 15:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia tengah mengincar beberapa sektor industri yang bisa diekspsor ke Australia melalui perjanjian kerja sama Comprehensive Economic Partnership (IA-CEPA). Salah satu sektor potensial bagi Indonesia yakni masuk ke pasar otomotif. Sebab, Australia tidak memiliki pabrik khusus untuk produk otomotif, seperti mobil dan sepeda motor.

"Ini kesempatan sektor otomotif Indonesia untuk masuk ke pasar Australia," ujar Direktur Jenderal Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional Kementerian Perdagangan Imam Pambagyo di kantornya, Jumat (7/9/2018).

Australia tidak memiliki pabrik mobil, namun memiliki produsen spareparts. Oleh karena itu, Indonesia tidak masuk ke sektor spareparts.

Untuk mobil biasa yang berdaya bahan bakar minyak, Indoneisa dianggap masih kalah saing dari produk negara lain. Namun, Indonesia bisa dikatakan unggul untuk produk mobil listrik.

Baca juga: Perundingan CEPA dan RCEP Jadi Fokus Indonesia-Australia

"Indonesia mendapat kemudahan ekspor mobil hybrid dan listrik," kata Imam.

Imam mengaku belum mengantungi target nilai yang bisa didapatkan Indonesia dari ekspor sektor otomotif. Meski begitu, Imam meyakini bahwa otomotif menjadi potensi yang menjanjikan untuk pasar Australia dan jadi andalan untuk ekspor Indonesia.

Selain Australia, Indonesia juga membidik pasar lain, terutama di negara-negara persemakmuran.

"Jadi Australia bukan satu-satunya target," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.