Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim Ekonomi Gerindra: Membangun Infrastruktur Itu Bagus, tetapi...

Kompas.com - 13/09/2018, 17:09 WIB
Ridwan Aji Pitoko,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim Ekonomi Gerindra menilai saat ini pemerintah telah melewati titik optimum dalam pembangunan infrastruktur. Hal itu kemudian berimbas pada tersendatnya pertumbuhan ekonomi Indonesia.

"Membangun infrastruktur itu bagus, tetapi membangunnya secara berlebihan tanpa melihat titik optimumnya berapa, maka dalam jangka pendek dan menengah membuat pertumbuhan ekonomi kita tidak bisa tumbuh cepat," kata Harryadin Mahardika dari Tim Ekonomi Gerindra, di Sekretariat Iluni UI, Salemba, Jakarta Pusat, Kamis (13/9/2018).

Adapun yang dimaksud titik optimum dalam pembangunan infrastruktur adalah total pembiayaan yang digelontorkan dalam lima tahun ini.

Harryadin menyatakan bahwa total anggaran lebih dari Rp 4.000 triliun perlu dikaji ulang. Pasalnya, angka tersebut juga termasuk infrastruktur yang tidak terlalu dibutuhkan.

Baca juga: Kritik Pemerintah, Tim Ekonomi Gerindra Bantah Anti-infrastruktur

"Apakah benar Rp 4.000 triliun itu harus dalam lima tahun ini. Jangan-jangan Rp 4.000 triliun ini sebenarnya kalau dilihat-lihat lagi ada infrastruktur-infrastruktur yang tidak prioritas tapi malah segera dibangun," imbuhnya.

Harryadin menambahkan, titik optimum pembangunan infrastruktur yang terlampau dilewati itu juga berdampak pada tekanan terhadap mata uang rupiah.

"Selain itu karena berlebihan juga memberikan tekanan kepada rupiah, bahkan sebagian besar ini masih dibiayai oleh utang, padahal itu kan menuju untuk pembiayaan FDI tetapi pada kenyataanya swasta porsinya semakin kecil, nah ini kan lucu," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com