Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trump Kembali Kenakan Tarif Baru untuk Produk China Senilai 200 Miliar Dollar AS

Kompas.com - 18/09/2018, 11:03 WIB
Putri Syifa Nurfadilah,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

Sumber BBC

JAKARTA, KOMPAS.com - Amerika Serikat (AS) akan memberlakukan tarif impor baru pada barang-barang China senilai 200 miliar dollar AS. Hal ini akan semakin meningkatkan perang dagang antar kedua negara itu.

Dilansir dari BBC, Selasa (18/9/2018), bea masuk impor yang lebih tinggi akan berlaku untuk hampir 6.000 item produk China ke Amerika Serikat. Di antaranya tas, beras dan tekstil akan dimasukkan, tapi beberapa barang yang sebelumnya menjadi sasaran seperti jam tangan cerdas telah dikeluarkan.

Penerapan tarif ini akan berlaku pada 24 September 2018, mulai dari 10 persen dan meningkat menjadi 25 persen dari awal tahun depan kecuali ada kesepakatan baru antar kedua negara itu.

Presiden Donald Trump mengatakan, pengenaan tarif terbaru ini merupakan respons terhadap praktik perdagangan tidak adil China, termasuk subsidi dan aturan yang mengharuskan perusahaan asing di beberapa sektor untuk mendatangkan mitra lokal.

Baca juga: Hindari Tarif AS, Perusahaan China Kabur ke Luar Negeri

"Kami telah sangat jelas soal jenis perubahan yang perlu dilakukan, dan kami telah memberi China setiap kesempatan untuk memperlakukan kami lebih adil," ujar Trump.

"Tapi, sejauh ini, Cina tidak mau mengubah praktiknya," tambahnya.

Dia memperingatkan bahwa jika negeri Tirai Bambu ini membalas, maka AS akan segera melakukan fase tiga yang berarti memberlakukan tarif lebih lanjut dengan bea masuk atas produk China senilai 267 miliar dollar AS.

Jika Trump terus melanjutkan dengan pengenaan bea masuk terhadap produk senilai 267 miliar dollar AS tersebut, itu berarti hampir semua barang China akan dikenakan tarif baru.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com