Kompas.com - 26/09/2018, 17:03 WIB
Kepala Biro Hubungan Masyarakat Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan saat diwawancarai di kantornya, Jakarta, Rabu (26/9/2018). KOMPAS.com/AKHDI MARTIN PRATAMAKepala Biro Hubungan Masyarakat Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan saat diwawancarai di kantornya, Jakarta, Rabu (26/9/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Pendaftaran calon pegawai negeri sipil atau CPNS 2018 sudah dimulai pada hari ini, Rabu (26/9/2018).

Badan Kepegawaian Negara (BKN) mencatat sudah ada 555.048 akun yang mendaftar di situs sscn.bkn.go.id. Data tersebut dihimpun BKN sejak pukul 00.01 hingga 12.00 WIB hari ini.

"Per hari ini jam 12.00 WIB ada 555.048 permintaan akses data kependudukan di Ditjen Dukcapil dari server BKN. Boleh disebut 555.048 user yang sudah punya akun di SSCN," ujar Kepala Biro Hubungan Masyarakat BKN Mohammad Ridwan di kantornya, Jakarta, Rabu (26/9/2018).

Kendati begitu, lanjut Ridwan, tak semua akun yang telah mendaftar langsung menentukan pilihannya di instansi dan formasi tertentu. Biasanya, mereka baru mendaftar di instansi tertentu di masa akhir pendaftaran.

Baca juga: Kemenkeu Buka 597 Formasi CPNS, Simak Syaratnya

"Sudah 555.048 akun yang dibentuk. Yang memilih berapa? belum, masih kecil rasanya yang sudah menetapkan klik selesai. Kan ada swafoto, biodata, formasi, dokumen yang di-upload," kata Ridwan.

Pendaftaran calon pegawai negeri sipil atau CPNS 2018 menyedot perhatian sebagian masyarakat. Pemerintah telah mengumumkan bahwa CPNS kali ini dibuka sebanyak 238.015 formasi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mulai hari ini, Rabu (26/9/2018) pendaftaran sudah mulai dilaksanakan. Seperti informasi sebelumnya, pendaftaran CPNS 2018 terintegrasi secara nasional melalui situs resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN), yaitu sscn.bkn.go.id.

Pelamar wajib mengakses portal tersebut dikarenakan tidak ada pendaftaran secara mandiri oleh suatu instansi.

Bagi yang berminat mengikuti seleksi CPNS tahun ini, Anda diwajibkan untuk membuat akun akses SSCN 2018. Hal ini berlaku secara menyeluruh.

Sedangkan bagi pelamar yang pernah mendaftarkan diri di SSCN sebelumnya pun tetap diwajibkan untuk membuat akun SSCN baru.

Adapun langkah mendaftarkan akun SSCN dilakukan melalui beberapa tahap, yaitu pengecekan identitas, melengkapi data, kemudian selesai.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.