Kemenhub: Bandara Palu Belum Bisa Layani Penerbangan Komersial

Kompas.com - 29/09/2018, 17:31 WIB
Menara ATC di bandara Mutiara, Palu yang rusak akibat gempa bumi 7,7 SR pada Jumat (28/9/2018) petang. IstimewaMenara ATC di bandara Mutiara, Palu yang rusak akibat gempa bumi 7,7 SR pada Jumat (28/9/2018) petang.

JAKARTA, KOMPAS.com - Bandara Mutiara Sis Al-Jufri di Palu dipastikan masih belum bisa melayani penerbangan pesawat komersial. Kepastian itu disampaikan menyusul masih adanya kerusakan di landasan pacunya (runway).

"Untuk saat ini penerbangan di Bandara Palu memang masih diutamakan untuk kemanusiaan dulu. Penerbangan komersial masih menunggu perbaikan infrastruktur dan navigasi penerbangan," ucap Kepala Badan Komunikasi Informasi Publik Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Baitul Ikhwan, dalam jumpa pers di Gedung Karsa Kemenhub, Jakarta, Sabtu (29/9/2018).

Dengan demikian, sampai saat ini penerbangan komersial masih belum bisa beroperasi di Bandara Mutiara Sis Al-Jufri.

Pasalnya, sampai saat ini runway sepanjang 2.400 di bandara tersebut masih mengalami kerusakan.

Baca juga: Menhub Bentuk Tim Cepat Tanggap untuk Penanganan Pasca-Gempa di Palu

"Sekitar 400 meter runway itu mengalami retak, informasi dari Ditjen Perhubungan Udara. Tapi itu masih aman untuk pendaratan pesawat-pesawat kecil," sambung Baitul

Adapun pesawat yang bisa mendarat untuk saat ini di Bandara Mutiara Sis Al Jufri adalah jenis ATR dan Hercules.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.