September 2018, Tingkat Pengangguran AS terendah dalam 49 Tahun

Kompas.com - 06/10/2018, 15:29 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com - Tingkat pengangguran di Amerika Serikat turun menjadi 3,7 persen pada September 2018. Angka tersebut adalah yang terendah sejak December 1969.

Perekonomian AS menambah 134.000 pekerjaan pada bulan lalu, angka tersebut di bawah perkiraan serta rata-rata bulanan tahun ini.

Dikutip dari CNN Money, Departemen Tenaga Kerja AS menyatakan, badai yang melanda Florence cukup berpengaruh terhadap tingkat kesempatan kerja. Hal ini lantaran kesempatan kerja untuk sektor jasa yang sedikit rendah jika dibandingkan dengan tren yang cenderung terus meningkat dalam beberapa bulan belakangan.

Namun di sisi lain, peningkatan jumlah kesempatan kerja dalam dua bulan direvisi meningkat hingga 87.000 pekerjaan, sehingga meningkatkan rata-rata bulanan menjadi 211.400 pekerjaan.

Rendahnya tingkat pengangguran serta angka pertumbuhan lapangan kerja yang relatif lemah bisa jadi menunjukkan bahwa pemilik usaha sulit untuk menambah posisi baru lantaran pekerja yang sudah cukup tersedia.

Dalam setahun belakangan, perekrut telah lebih terbuka untuk beberapa kandidat pekerja yang biasanya dilewatkan, seperti calon pekerja dengan sejarah kriminal. Tingkat pekerja dengan disabilitaspun juga meningkat tajam selama dua bulan terakhir.

Akan tetapi pertumbuhan upah belum dapat dipercepat. Penghasilan perjam rata-rata meningkat 2,8 persen sepanjang tahun, sedikit di atas rata-rata setahun terkahir, namun sedikit menurun dibanding dengan peningkatan bulan lalu.

Namun angka-angka tersebut belum disesuaikan dengan inflasi yang telah berpengaruh terhadap kenaikan upah dalam beberapa bulan terakhir lantaran Federal Reserve telah menaikkan suku bunga sebagai respon atas menguatnya ekonomi AS.



Sumber CNN Money
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X