Putra Mahkota Arab Saudi Pastikan Aramco IPO Tahun 2021

Kompas.com - 07/10/2018, 10:44 WIB
Putra mahkota Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman. AFP/BRYAN R. SMITHPutra mahkota Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman.

DUBAI, KOMPAS.com - Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman menyatakan rencana untuk menjual saham raksasa minyak Aramco akan tetap berjalan. Ia menjanjikan Aramco akan melantai di bursa melalui skema penawaran umum perdana (initial public offering/IPO) pada tahun 2021.

Pangeran berusia 33 tahun tersebut pun tetap ambisius bahwa Aramco dapat meraup dana sekitar 2 triliun dollar AS atau lebih. Hal ini diungkapkan bin Salman dalam sebuah wawancara seperti dikutip dari Bloomberg, Minggu (7/10/2018).

Komentar tersebut dilontarkan bin Salman setelah target jadwal IPO Aramco tak terwujud.

"Saya yakin (Aramco akan IPO) pada akhir 2020, awal 2021," sebut bin Salman dalam wawancara di istana kerajaan Arab Saudi di Riyadh.

Pada saatnya IPO nanti, imbuh dia, investor akan menentukan harga saham Aramco. Ia meyakini valuasi Aramco akan mencapai 2 triliun dollar AS lantaran IPO Aramco akan sangat besar.

Rencana IPO Aramco pertama kali diumumkan pada tahun 2016 lalu. Aksi korporasi tersebut merupakan bagian dari Visi 2030 untuk memodernkan ekonomi Arab Saudi.

Para pejabat Arab Saudi berulang kali menyatakan bahwa rencana IPO Aramco tetap sesuai jadwal dan tepat waktu. Namun, kemudian IPO Aramco ditunda dan malah dilakukan pembicaraan untuk membeli saham mayoritas raksasa petrokimia Sabic.

Menurut bin Salman, IPO Aramco sepenuhnya merupakan kepentingan Arab Saudi.

"Setiap orang mendengar tentang rumor bahwa Arab Saudi membatalkan IPO Aramco, dan ini menunda Visi 2030. Itu tak benar," sebut bin Salman.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Bloomberg
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.