Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Australia Sumbang Jutaan Dollar untuk Penanganan Pascabencana Sulteng

Kompas.com - 07/10/2018, 15:44 WIB
Ambaranie Nadia Kemala Movanita ,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Australia memberi tambahan dukungan kepada Indonesia untuk penanganan pasca gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah.

Hal ini dilakukan melihat jumlah korban yang terus bertambah dan puluhan ribu rumah hancur dan rusak berat. Menteri Luar Negeri Malaysia Senator The Hon Marise Payne mengatakan, dana tambahan yang disediakan Australia sebesar 4,5 juta dollar Australia.

"Ini menjadikan jumlah keseluruhan bantuan kami 10.25 juta dollar Australia untuk upaya bantuan bencana," ujarnya dalam keterangan tertulis, Minggu (7/10/2018).

Sebelumnya, Australia telah menyalurkan bantuan sebesar 5 juta dollar AS dan 500.000 dolar AS untuk penanggulangan bencana di Sulteng. Payne mengatakan, dukungan ini akan memberikan bantuan kemanusiaan tambahan, bantuan kesehatan dan logistik untuk menanggapi kebutuhan mendesak, dan membantu upaya pemulihan.

Australia juga telah menyalurkan bantuan melalui Palang Merah Indonesia dan LSM Australia, yang membantu lebih dari 80.000 orang dengan akses ke tempat tinggal, sanitasi dan air bersih. Tak hanya itu, Australia juga mengerahkan personel militer mereka untuk memasok bantuan ke lokasi pengungsian.

"Angkatan Pertahanan Australia terus mendukung Pemerintah Indonesia dalam upaya tanggapan mereka, termasuk dengan menyediakan kapasitas pengangkutan vital untuk mengangkut pasokan kemanusiaan," kata Payne.

Sebelumnya diberitakan, Australia juga berencana mengirimkan tim medis dan saat ini bekerja dengan Pemerintah Indonesia untuk menentukan lokasi mereka bekerja untuk mendukung upaya-upaya bantuan.

Negara kanguru tersebut juga menyediakan pasokan bantuan darurat kemanusiaan, termasuk perlengkapan tempat tinggal, air, dan peralatan kebersihan. Selain itu, Australia juga menawarkan personel militernya untuk membantu Indonesia dalam upaya tanggap bencana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com