Liburan Hemat? Terapkan 10 Strategi Ini - Kompas.com

Liburan Hemat? Terapkan 10 Strategi Ini

Kompas.com - 09/10/2018, 13:44 WIB
Ilustrasi liburanmaxsaf Ilustrasi liburan

NEW YORK, KOMPAS.com - Liburan penghujung tahun sudah di depan mata. Ketika Anda merencanakan untuk berlibur nanti, ingat Anda tidak satu-satunya. Otomatis Anda mesti mengatur segala sesuatunya agar tetap dalam kendali Anda, terutama secara finansial.

Jangan sembrono dalam hal ini, sedikit saja hilang kontrol tabungan Anda bisa ludes. Menurut CEO Edukate Chris Whitlow, tiap orang mesti punya waktu untuk merencanakan anggaran liburan khusus.

Hal itu tentu agar liburan Anda direncanakan dengan strategi cerdas sehingga tidak menyisakan hanya dompet kosong atau tagihan kartu kredit yang tumbuh subur.

Baca juga: Tips Sukses Berbisnis ala Bos Amazon

Dilansir dari Fox Business, berikut adalah 10 kiat Chris Whitlow untuk menyiapkan liburan Anda agar tetap berada pada jalur sesuai anggaran.

1. Tetapkan batas anggaran

Anggaran untuk liburan melibatkan lebih dari sekadar membeli buah tangan untuk keluarga besar atau rekan sejawat. Tetapkan anggaran ketat perihal oleh-oleh ini. Buat pendekatan berdasarkan kategori dan cari tahu apa yang benar-benar ingin Anda belanjakan untuk masing-masing kategori tersebut. Awas, jangan kelewatan.

2. Hemat sekarang untuk bisa dibelanajakan nanti

Setelah merencanakan biaya liburan, Anda mungkin akan merencanakan untuk membeli ini-itu ketika liburan. Kabar baiknya jika Anda tidak memiliki uang untuk mewujudkannya nanti, ada banyak waktu hingga penghujung tahun untuk berhemat anggaran kehidupan sehari-hari saat ini. Sehingga Anda tidak perlu berhemat ketat selama liburan.

Tips: Cobalah berhemat anggaran saat makan malam, liburan akhir pekan, pakaian, dan pengeluaran yang kurang penting dari hal apapun.

3. Hanya gunakan uang tunai

Sederhana, jangan tergoda untuk menggunakan kartu debit/kredit Anda.

4. Gunakan aturan 24 jam

Ketika Anda berbelanja tunggu 24 jam setelahnya sebelum membeli hadiah baru atau berbelanja barang baru.

5. Gunakan aplikasi belanja yang membantu Anda menemukan penawaran terbaik

Semua orang ingin mendapatkan penawaran terbaik, dan tidak ada yang ingin lari dari toko ke toko untuk memeriksa tiap harga. Gunakan berbagai aplikasi dan plugin di browser Anda untuk menemukan penawaran terbaik tersebut.

6. Manfaatkan dunia digital

Membeli kartu pos tidak murah, sekalipun unik ini bisa mengikis sedikit demi sedikit uang Anda. Manfaatkan dunia digital, kirim lewat posrcard online.

7. Manfaatkan peluang cash back

Jika Anda terpaksa harus menggunakan kartu kredit Anda, gunakan kartu kredit yang memberi Anda cash back. Ada beberapa kartu yang akan memberi Anda cash back 1 hingga 5 persen terhadap pembelian. Selain itu, belanja online juga bisa jadi pilihan karena banyak cash back yang ditawarkan.

8. Abaikan toko bermerek

Toko-toko kelas atas dapat berpengaruh selama liburan, tapi melihat harganya akan membuat Anda putar balik ketika sampai depan tokonya. Carilah hadiah yang sebanding dengan diskon atau cari di toko barang bekas. Anda dapat menemukan barang-barang bermerek dengan diskon tak kira-kira di sana.

9. Jangan berutang

Liburan yang ‘ala-ala' itu akan menyisakan beban dibahu pada awal tahun, jangan berutang hanya untuk liburan yang mahal.

10. Jangan beli hadiah untuk diri sendiri ketika tujuannya membeli untuk orang lain

Anda sedang liburan dan merencanakan berbagai hal yang akan Anda beli untuk keluarga besar ataupun rekan sejawat Anda. Tahan godaan untuk membeli sesuatu untuk diri sendiri saat Anda memang bertujuan berbelanja untuk orang lain.



Close Ads X