Kompas.com - 14/10/2018, 17:12 WIB
Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan (kanan), Presiden Grup Bank Dunia Jim Yong Kim (kiri) dan Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde (tengah) memberikan keterangan saat media briefing penutupan Pertemuan Tahunan IMF - World Bank Group 2018 di Nusa Dua, Bali, Minggu (14/10/2018). ANTARA FOTO/ICom/AM IMF WBG/FIKRI YUSUFMenko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan (kanan), Presiden Grup Bank Dunia Jim Yong Kim (kiri) dan Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde (tengah) memberikan keterangan saat media briefing penutupan Pertemuan Tahunan IMF - World Bank Group 2018 di Nusa Dua, Bali, Minggu (14/10/2018).

NUSA DUA, KOMPAS.com - Pertemuan Tahunan Dana Moneter Internasional (IMF)-Bank Dunia 2018 di Bali telah resmi berakhir pada Minggu (14/10/2018) petang. Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde pun mengungkapkan kesannya yang mendalam terhadap penyelenggaraan pertemuan tersebut.

"Selamat sore. Terima kasih Indonesia. Saya berusaha keras untuk mencegah keraguan apa pun. Indonesia, yes!" kata Lagarde sambil mengacungkan ibu jarinya pada saat konferensi pers penutupan Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia di Nusa Dua.

Lagarde mengungkapkan, suksesnya penyelenggaraan pertemuan yang dihadiri lebih dari 30.000 orang tersebut merupakan pencapaian yang hebat dimulai dari tiga tahun lalu. Indonesia, imbuh mantan Menteri Keuangan Perancis ini, telah melakukan persiapan dengan keras dan tanpa lelah.

"Ini perjalanan yang panjang ke Indonesia. Kami semua sampai ketika Indonesia terpilih di antara kandidat (negara), dari lokasi terbaik sidang tahunan IMF-Bank Dunia," ungkap Lagarde.

Oleh karena itu, ia menghaturkan terima kasih kepada semua panitia yang berasal dari IMF, Bank Dunia, maupun Panitia Nasional Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia 2018. Lagarde menyebut, mereka semua bekerja dengan baik dengan dukungan dan bantuan Presiden Joko Widodo.

Lagarde mengaku terkesan dengan sambutan warga Bali dan Indonesia kepada semua delegasi. Ia begitu tersentuh dengan senyuman dan kemurahan hati yang diberikan oleh semua orang selama berada di Bali.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.