4 Hal Ini Mestinya Dilakukan oleh Atasan yang Baik

Kompas.com - 22/10/2018, 07:34 WIB
Ilustrasi bos dan anak buahPixland Ilustrasi bos dan anak buah

NEW YORK, KOMPAS.com - Banyak orang menjadi atasan tanpa memiliki pelatihan manajemen khusus. Kadang-kadang Anda dipromosikan karena alasan-alasan yang tidak ada hubungannya dengan tanggung jawab untuk mengarahkan pekerjaan orang lain.

Tetapi hal utu bukan alasan untuk menjadi atasan yang buruk. Anda dapat belajar mengelola, dan mungkin menjadi pemimpin yang baik hanya dengan melakukan beberapa hal.

Mungkin Anda tidak akan langsung sempurna, tetapi Anda akan jadi atasan yang lebih baik dari sebelumnya.

Baca juga: Punya Atasan yang Pilih Kasih? Begini Cara Menyikapinya

Untuk menjadi atasan yang lebih baik, Anda bisa mengikuti 5 hal ini.

1. Dengarkan karyawan Anda

Satu dari ciri banyak atasan yang buruk adalah bahwa mereka percaya untuk bertanggung jawab berarti memutuskan apa yang harus dilakukan dan tanpa mendengarkan siapa pun. Sangat penting untuk memiliki gagasan tentang ke mana Anda ingin hal itu terlakasan, tetapi penting juga untuk tidak hanya mendengarkan, juga meminta pendapat dari karyawan Anda.

Melakukan hal itu dapat melindungi Anda dari insting terburuk Anda sendiri. Mendengarkan juga memungkinkan karyawan merasa seperti mereka bagian dari proses, dan itu menciptakan keterikatakan, di mana ide Anda sekarang menjadi milik semua orang.

2. Berikan contoh

Menjadi atasan dapat memberi Anda beberapa keistimewaan yang tidak bisa diterima karyawan Anda. Jangan manfaatkan hal itu. Anda, misalnya, mungkin memiliki lebih banyak fleksibilitas untuk datang atau pergi ke kantor. Tidak apa-apa, tetapi lebih penting untuk menetapkan standar bagi karyawan Anda.

Tunjukkan kepada karyawan apa yang Anda harapkan dengan benar-benar melakukan suatu perngorbana. Itu membuat sangat sulit bagi orang lain untuk membenarkan dengan menempatkan Anda kurang berusaha dari yang Anda lakukan.

3. Berilah pujian atas kesuksesan

Anda sudah menjadi atasan saat ini. Hal itu secara otomatis memberi Anda penghargaan atas keberhasilan tim Anda. Pastikan Anda mengayomi orang dan jika menemukan keberhasilan kecil tak lupa untuk dirayakan. Buatlah karyawan Anda merasa dihargai atas semua yang mereka lakukan, dan pastikan semua orang merasa seperti bagian dari apa pun hal baik yang sedang dialaminya.

4. Jadilah seperti payung

Sebagai atasan, hal ini adalah bagian dari pekerjaan Anda untuk melindungi orang-orang yang bekerja agar terhidar pikiran negatif dari atasan Anda. Terkadang ini berarti melindungi orang dari kritik yang tidak adil, atau mengambil tanggung jawab atas apa pun yang telah dilakukan karyawan yang menjadi tanggung jawab Anda.

Terkadang manajemen tingkat atas dapat menciptakan sikap buruk atau menumbuhkan ketidakpuasan. Hal ini tentun jadi tugas Anda untuk menanggung beban itu sehingga karyawan Anda dapat fokus pada pekerjaan yang sedang dihadapi.

5. Bersikap positif dan bekerja keras

Sebagai seorang pemimpin, Anda mengatur ritme untuk tim atau perusahaan Anda. Penting untuk memimpin dengan memberi contoh, tetapi sama pentingnya untuk menjaga sikap yang baik. Jika Anda bisa bersemangat ketika hal-hal sulit datang, Anda yang harus mengatur ritme untuk semua orang yang bekerja untuk Anda.

Ingat bahwa menjadi bos tidak membuat Anda sempurna. Memberdayakan orang untuk melakukan pekerjaan sebaik mungkin, dan mendukung kesuksesan mereka (atau membantu mereka bangkit dari kesalahan) dengan menciptakan lingkungan di mana semua orang bekerja untuk mencapai tujuan perusahaan.



Close Ads X