Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejak Awal Tahun, Rupiah Melemah Hingga10,65 Persen

Kompas.com - 23/10/2018, 18:30 WIB
Ambaranie Nadia Kemala Movanita ,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah masih menjadi perhatian pasar lantaran posisinya yang konsisten melemah terhadap dollar AS. Per hari ini, nilai tukar rupiah merapat tipis ke angka Rp 15.200.

Hingga 22 Oktober 2018, Bank Indonesia mencatat depresiasi rupiah sebesar 10,65 persen secara year to date atau sejak Januari-Oktober 2018.

"Tekanan depresiasi Rupiah pada September 2018 dan kemudian berlanjut pada Oktober 2018 sejalan dengan pergerakan mata uang negara peers," ujar Deputi Gubernur Senior BI Mirza Adityaswara di Gedung BI, Jakarta, Selasa (23/10/2018).

Rupiah secara rata-rata melemah sebesar 2,07 persen pada September 2018 dan sedikit melemah pada Oktober 2018. Meski begitu, pelemahannya masih jauh lebih rendah daripada yang terjadi di Brasil, India, Afrika Selatan, dan Turki.

"Nilai tukar Rupiah masih mengalami depresiasi namun dengan volatilitas yang terjaga," kata Mirza.

Selanjutnya, Bank Indonesia terus melakukan langkah-langkah stabilisasi nilai tukar sesuai nilai fundamentalnya dengan tetap menjaga bekerjanya mekanisme pasar, didukung upaya-upaya pengembangan pasar keuangan. Mirza mengatakan, kebijakan tersebut diarahkan untuk menjaga volatilitas Rupiah serta kecukupan likuiditas di pasar.

"Sehingga tidak menimbulkan risiko terhadap stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan," kata Mirza.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com