Lepas Saham Pengembang Meikarta, Lippo Cikarang Raup Rp 2,35 Triliun

Kompas.com - 25/10/2018, 13:27 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Lippo Group tak lagi sepenuhnya memiliki saham PT Mahkota Sentosa Utama (MSU), pengembang proyek Meikarta di Cikarang, Jawa Barat. Hal tersebut diketahui dari laporan keuangan Lippo Karawaci Semester I 2018.

Mengutip laporan keuangan Lippo Karawaci, Kamis (25/10/2018), anak usahanya yakni Lippo Cikarang melepas kepemilikannya di Mahkota Sentosa Utama kepada perusahaan asing Hasdeen Holding. Dengan pelepasan tersebut, saat ini emiten tersebut menguasai 49,99 persen Mahkota Sentosa Utama.

 

Dengan pelepasan saham tersebut, Lippo Cikarang meraup keuntungan Rp 2,35 triliun. Jumlah tersebut merupakan selisih antara nilai investasi Lippo Karawaci pada entitas anak sebelum hilangnya pengendalian, dengan bagian investasi yang diukur pada nilai wajar saat hilangnya pengendalian pada PT Mahkota Sentosa Utama.

Sementara itu mengutip Kontan.co.id, Head of Corporate Communication Lippo Karawaci Danang Kemayan Jati mengatakan perusahaan pengembang Meikarta sudah tidak dikonsolidasikan lagi per kuartal II 2018. Karena itu, proyek tersebut tak berkontribusi terhadap perseroan.

Meikarta tengah mendapat sorotan publik setelah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bekasi. Dalam operasi tersebut, Bupati Bekasi Neneng Hassanah Yasin dan Direktur Operasional Lippo Group Billy Sindoro dicokok KPK.

Selain itu, tiga kepala dinas juga turut diamankan yaitu Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Jamaluddin, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran, Sahat MBJ Nahor, serta Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Dewi Tisnawati.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.