Begini Hasil Inspeksi Khusus 11 Pesawat Boeing 737 Max 8

Kompas.com - 03/11/2018, 15:45 WIB
Plt Dirjen Perhubungan Udara Mohamad Pramintohadi Sukarno saat memberikan keterangan di gedung Kementerian Perhubungan, Jakarta Pusat, Sabtu (3/11/2018). KOMPAS.com/KRISTIAN ERDIANTOPlt Dirjen Perhubungan Udara Mohamad Pramintohadi Sukarno saat memberikan keterangan di gedung Kementerian Perhubungan, Jakarta Pusat, Sabtu (3/11/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan ( Kemenhub) melakukan inspeksi khusus terhadap 11 Pesawat Boeing 737 Max 8 di sejumlah bandara.

Inspeksi itu dilakukan setelah jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 dengan registrasi PK LQP yang merupakan pesawat jenis Boeing 737 Max 8 di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat. Pesawat itu baru 2 bulan beroperasi.

"Kami lakukan inpeksi sebanyak 11 pesawat keseluruhan yang beroperasi di seluruh Indonesia," ujar pelaksana tugas Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub, M. Pramintohadi Sukarno dalam konferensi pers, Jakarta, Sabtu (3/11/2018).

Baca juga: Fakta Baru Tragedi Lion Air JT 610, Perintah Jokowi hingga Temuan Diduga Mesin Pesawat

Ia mengatakan, inspeksi khusus itu dilakukan di sejumlah bandara, yakni Bandara Soekarno-Hatta, Bandara Kualanamu Medan, Bandara Ngurah Rai Denpasar, dan Bandara Sam Ratulangi Manado.

Pramintohadi tak menyebut pasti inspeksi khusus seperti apa yang dilakukan oleh Kemenhub. Namun, ia mengatakan inspeksi meliputi pemeriksaan, pengawasan, dan ramp check.

Untuk sementara ini, Kemenhub menyampaikan gambaran umum hasil inspeksi khusus yang dilakukan kepada 11 pesawat Boeing 737 Max 8.

"Kami sampaikan hasil inspeksinya adalah memenuhi standar kelaikudaraan. Sementara demikian," kata dia.

Baca juga: INFOGRAFIK: Mengenal Pesawat Boeing 737 Max 8 Milik Lion Air

Pesawat Lion Air JT 610 yang merupakan seri Boeing 737 Max 8 dengan rute Jakarta-Pangkal Pinang jatuh di Perairan Karawang, Jawa Barat pada Senin (29/10/2018).

Pesawat itu jatuh tak lama setelah lepas landas dari Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten.

Sedianya, pesawat itu mendarat di Pangkal Pinang pukul 07.20 WIB.

Pesawat yang baru beroperasi pada 15 Agustus 2018 itu diketahui membawa 189 orang, yang terdiri dari 178 penumpang dewasa, 1 orang anak, 2 bayi, dan 8 awak pesawat.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X