Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malaysia, Negara Tujuan Favorit Ekspansi Bisnis Perusahaan Indonesia

Kompas.com - 05/11/2018, 14:55 WIB
Mutia Fauzia,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Di tengah kondisi perekonomian global yang dipenuhi dengan ketidakpastian, pertumbuhan ekspor Indonesia, terutama di wilayah Asia dinilai masih cukup kuat.

Berdasarkan hasil survei HSBC Navigator, eksportir masih menikmati lingkup perdagangan yang mendukung.

Survei tersebut menunjukkan, 22 persen responden memilih Malaysia sebagai negara tujuan ekspansi bisnis dalam kurun waktu 3-5 tahun ke depan. Malaysia menduduki posisi teratas negara tujuan ekspansi bisnis, yang kemudian diikuti Singapura dengan persentase 18 persen dan Jepang 17 persen.

"Baik perusahaan manufaktur barang maupun pemberi jasa di Indonesia setuju bahwa keberlanjutan merupakan aspek penting berlangsungnya tujuan jangka panjang mereka," sebut Direktur Commercial Banking HSBC Indonesia Catherine Hadiman dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Senin (5/11/2018).

Lebih lanjut dijelaskan, bagaimana kebijakan-kebijakan negara yang kemudian lebih proteksionis di bebebrapa negara memengaruhi strategi jangka panjang bisnis di Indonesia. Sebanyak 71 persen responden Indonesia berasumsi pemerintah dari negara mitra dagang utama semakin protektif terhadap produk lokal mereka.

"Hal ini menunjukkan kekhawatiran perusahaan-perusahaan Indonesia terhadap dampak ketegangan perang dagang yang saat ini sedang berlangsung," jelas Catherine.

Dari sisi regulasi, 45 persen pelaku bisnis menilai peraturan-peraturan yang ada di beberapa negara cenderung memberatkan. Sementara itu, 31 persen menganggap regulasi sebagai sesuatu yang memberikan nilai positif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com