Gaji Pas-pasan? Coba Buka Usaha Sampingan Ini

Kompas.com - 12/11/2018, 05:39 WIB
Ilustrasi rupiah.THINKSTOCKS/FITRIYANTOANDI Ilustrasi rupiah.

KOMPAS.com — Memiliki status sebagai karyawan menjadi hal yang patut dibanggakan karena setiap bulan Anda akan mendapatkan gaji tetap serta jaminan kesehatan dan ketenagakerjaan.

Tetapi, terkadang status karyawan menjadi dilema karena penghasilan yang didapat nominalnya tidak jauh berbeda setiap bulannya. Sementara pengeluaran semakin bertambah setiap bulannya.

Jika ingin meminta kenaikan gaji, Anda harus melalui beberapa proses dan tahapan terlebih dahulu. Inilah yang menjadi alasan banyak karyawan memutuskan ingin resign dan pindah ke kantor baru untuk mendapat gaji yang lebih tinggi.

Nah, Anda jangan terburu-buru memutuskan untuk pindah karena kantor baru belum tentu senyaman kantor yang sekarang.

Baca juga: 10 Pekerjaan Sampingan Bergaji Tinggi, Anda Minat?

Lantas bagaimana caranya untuk agar penghasilan bisa terus bertambah setiap bulannya? Ada solusi cerdas yang bisa Anda lakukan, yakni dengan cara membuka usaha sampingan.

Dengan status sebagai karyawan, apakah kita masih bisa membuka usaha sampingan? Tentu saja bisa, asalkan Anda memilih peluang usaha sampingan karyawan yang tidak menyita banyak waktu.

Ketika akan membuka usaha sampingan di rumah, kita pasti akan terkendala masalah modal karena sebagai karyawan biasa pastinya penghasilan yang Anda miliki harus dicukupi untuk kebutuhan pokok.

Tapi ternyata ada lima peluang usaha sampingan karyawan yang tidak membutuhkan modal besar, mengutip dari situs perbandingan keuangan HaloMoney.co.id!

1. "Reseller" baju dan aksesoris

Menjadi reseller baju dan aksesoris online adalah peluang usaha sampingan karyawan yang tidak membutuhkan modal dana karena Anda akan menjual barang-barang milik distributor atau orang lain lain.

Jadi nantinya Anda tinggal menawarkan barang-barang tersebut melalui sosial media milikmu atau melalui e-commerce dengan membuka toko online di sana. Dengan demikian, kepercayaan calon konsumsen menjadi lebih tinggi karena dana ditransfer terlebih dahulu melalui rekening e-commerce.

Baju dan aksesori menjadi barang yang paling laris dijual secara online, tapi hal ini tidak menutup kemungkinan jika Anda ingin menjadi reseller barang lain, seperti makanan dan minuman kemasan atau peralatan rumah tangga.

Anda bisa meng-update barang dagang dan membalas chat dari pembeli sebelum berangkat kantor, saat jam makan siang, dan setelah pulang kantor. Dengan demikian, pekerjaanmu sebagai karyawan tidak terganggu.

2. Usaha titip sarapan dan makan siang

Pernah tidak Anda datang ke kantor dalam keadaan belum sarapan tapi malas keluar kantor untuk mencari sarapan? Hal seperti ini bisa Anda jadikan sebagai peluang usaha sampingan yang menguntungkan dengan membuka jasa usaha titip sarapan.

Halaman Berikutnya
Halaman:



Close Ads X