Ekonomi AS Menguat, The Fed Tetap Akan Naikkan Suku Bunga

Kompas.com - 13/11/2018, 17:45 WIB
Janet Yellen www.businessinsider.comJanet Yellen

BEIJING, KOMPAS.com - Bank sentral AS Federal Reserve akan melanjutkan langkah normalisasi kebijakan moneter. Ini dilakukan meskipun perekonomian AS mengalami ekspansi yang dipandang cukup baik.

Namun demikian, ini akan menciptakan lingkungan ekonomi yang lebih sulit untuk negara-negara berkembang. Hal tersebut diungkapkan oleh mantan Gubernur The Fed Janet Yellen.

"Normalisasi, baik suku bunga jangka pendek maupun neraca akan berlangsung dengan mulus, di tengah (kondisi) ekonomi yang berkinerja baik, Pimpinan Powell (Gubernur The Fed Jerome Powell) dan FOMC (Federal Open Market Committee) terus melanjutkan proses menghilangkan akomodasi moneter untuk kembali ke suku bunga acuan ke arah netral," ujar Yellen seperti dikutip dari South China Morning Post, Selasa (13/11/2018).

"Saya mengekspektasikan (kenaikan suku bunga Fed Fund Rate) dalam tahun ke depan kecuali jika tidak ada kejutan ekonomi yang signifikan," imbuh dia.

The Fed dijadwalkan menggelar rapat FOMC pada 20 Desember 2018 mendatang. Dengan demikian, komentar Yellen ini terkait dengan peningkatan suku bunga Fed Fund Rate pada bulan depan dan hingga tiga kali pada tahun 2019.

Komentar Yellen tersebut muncul di tengah berbagai permasalahan yang dihadapi China. Negara tersebut harus menghadapi ketidakpastian perang dagang dengan AS.

Di samping itu, China juga menghadapi permasalahan berupa lemahnya pertumbuhan ekonomi, terkikisnya kepercayaan sektor swasta dan investor pasar, dan arus modal asing yang keluar hingga depresiasi nilai tukar mata uang yuan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.