Startup Jukir Hadirkan Sistem Tarif Parkir Progresif di Bahu Jalan

Kompas.com - 21/11/2018, 12:56 WIB
Ilustrasi parkir ThinkstockphotosIlustrasi parkir

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Nusantara Digital Investama, yang merupakan pemilik aplikasi pembayaran parkir Jukir menghadirkan sistem tarif parkir di bahu jalan. Ini dilakukan menyusul perjanjian kerja sama yang diteken dengan Unit Pengelola Perparkiran Dinas Perhubungan DKI Jakarta. 

Perjanjian kerja sama dalam rangka Uji Coba Penyelenggaraan Parkir Dengan Menggunakan Sistem Aplikasi Parkir Dalam Jaringan pada bulan Mei 2018 lalu telah berkembang sangat pesat.

Founder dan CEO Nusantara Digital Investama Budi Hartono menjelaskan, aplikasi Jukir telah memiliki lebih dari 1.000 Mitra yang tersebar di beberapa ruas jalan di DKI Jakarta. Diharapkan, dengan menggunakan aplikasi Jukir, pendapatan pemerintah dari sektor parkir bahu jalan akan mengalami kenaikan.

Saat ini, aplikasi Jukir sudah menghadirkan teknologi tarif parkir progresif untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam penerapan sistem tarif progresif di bahu jalan. Adapun harga yang telah ditetapkan oleh pemerintah yaitu Kendaraan Roda Dua sebesar Rp 2.000/jam, Roda Empat sebesar Rp 5.000/jam, dan lebih dari roda empat sebesar Rp 8.000/jam.

Ketentuan ini berlaku di beberapa ruas jalan yang telah bergabung sebagai Mitra Jukir di sekitar Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, dan Jakarta Utara.

Menurut Budi, diharapkan dengan adanya sistem progresif akan sejalan kebijakan pemerintah provinsi DKI Jakarta. Dengan sistem progresif, diharapkan pengguna jalan dapat mengantisipasi durasi saat parkir di bahu atau badan jalan, sehingga tidak menyebabkan kemacetan yang berkepanjangan.

“Saya berharap dengan adanya sistem progresif ini, pendapatan juru parkir dan juga pemerintah dapat terus meningkat di sektor parkir,” ujar Budidalam pernyataannya, Rabu (21/11/2018).

Ke depannya, untuk mendukung era teknologi, aplikasi Jukir akan merilis sistem pembayaran nontunai khusus untuk parkir bahu jalan.

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X