PLN Dorong Peningkatan Daya Saing Industri di Era Revolusi 4.0

Kompas.com - 26/11/2018, 12:48 WIB
Para petugas PLN dari seluruh Indonesia didatangkan ke Palu dan wilayah lain di Sulawesi Tengah untuk memulihkan jaringan listrik yang rusak akibat gempa bumi dan tsunami pada 28 September lalu. KOMPAS.com/ROSYID A AZHARPara petugas PLN dari seluruh Indonesia didatangkan ke Palu dan wilayah lain di Sulawesi Tengah untuk memulihkan jaringan listrik yang rusak akibat gempa bumi dan tsunami pada 28 September lalu.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Perusahaan Listrik Negara bekerja sama dengan Harian Kompas dalam penyelenggaraan Kompas100 CEO Forum 2018. Acara tersebut diselenggarakan setiap tahun bagi para CEO yang tergabung sebagai emiten Kompas100 Bursa Efek Indonesia (BEI).

Dalam acara tersebut, para emiten bertemu dan bertukar pikiran mengenai proyeksi perekonomian. Kali ini, tema yang diusung adalah “Meningkatkan Daya Saing Industri Indonesia”. Tema tersebut sesuai dengan misi Indonesia menuju era revolusi industri 4.0.

EVP Corporate Communications dan CSR PT PLN (Persero) I Made Suprateka mengatakan, tema tersebut diharapkan menjadi inspirasi bagi pemerintah maupun perusahaan dalam rangka mencapai pertumbuhan ekonomi yang diinginkan. Apalagi Indonesia diprediksi akan masuk dalam urutan 10 teratas ekonomi di dunia pada tahun 2018.

"Sebagai penyedia listrik negara, tentunya PLN siap dan mampu untuk melayani para pelaku industri dan investor untuk mendukung pengembangan industri di Indonesia," ujar Made dalam keterangan tertulis, Senin (26/11/2018).

Baca juga: PLN Imbau Masyarakat untuk Waspadai Penipuan oleh Petugas Palsu

Made mengatakan, ada dua sudut pandang dalam meningkatkan daya saing industri Indonesia yang berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi.

Pertama, dengan mengadopsi Revolusi Industri 4.0 dalam rangka meningkatkan efisiensi di dalam proses bisnis. Yang kedua adalah menjadikan Indonesia sebagai negara yang ramah investasi.

Tahun ini, penyelenggaraan Kompas100 CEO Forum tak hanya menyampaikan prediksi gambaran ekonomi tahun 2019 yang disampaikan oleh para pengambil kebijakan, tapi juga mengajak semua pihak untuk optimistis menghadapi tantangan global dan dalam negeri.

Dalam konteks ini, industrialisasi menjadi penghela pertumbuhan melalui penciptaan lapangan kerja, pendapatan devisi melalui ekspor, dan substitusi impor. Menuju acara puncak Kompas100 CEO Forum 2018 Powered by PLN, telah diadakan empat kegiatan pendukung dengan membahas berbagai segi.

"Mulai dari mendengar suara para CEO, sumber pendanaan baru, teknologi digital dalam bisnis, dan peran perempuan dalam ekonomi,” kata Pemimpin Redaksi Harian Kompas, Ninuk Mardiana Pambudy.

Acara puncak Kompas100 CEO Forum 2018 Powered by PLN yang diadakan pada Selasa (27/11/2018) di Jakarta Convention Center akan membahas peluang dan tantangan dalam meningkatkan daya saing industri Indonesia dalam persaingan global.

Dalam acara ini, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo akan hadir memberikan keynote speech, diikuti dengan paparan dari pembicara tamu.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X