Hasil Investasi Itu “Harus Indah pada Waktunya” - Kompas.com

Hasil Investasi Itu “Harus Indah pada Waktunya”

Kompas.com - 30/11/2018, 08:00 WIB
Ilustrasi eskaylim / Thinkstock Ilustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Financial Trainer dan Founder QM Financial Ligwina Hananto mengingatkan dalam perencaan finansial seseorang mesti memilih produk sesuai jangka waktu yang tepat dengan tujuan yang ingin dicapai orang tersebut.

Selain itu dalam berinvestasi jangan hanya melihat dari segi keuntungannya saja, tapi yang lebih penting adalah sudah terlaksananya tujuan itu.

“Cara memilih produk dengan menyesuaikan pilihan jangka waktunya, semakin tinggi semakin besar resiko yang diambil. Juga, bukan sekadar return tapi yang penting adalah butuh tujuannya sampai,” ungkap Ligwina.

Ketika sudah terpenuhi tujuan finansial dari hasil investasi tersebut, Ligwina menyarankan untuk sedikit mengerem keinginan untuk menambah keuntungan.

“Misal, kita target Rp 20 juta ya sudah yang penting sudah sampai, kan (hasil) investasi akan indah pada waktunya. Kalau sekarang sudah ada Rp 20 juta, ternyata pengen lebih, harusnya tidak boleh (nambah) kan tadi butuhnya hanya Rp 20 juta,” jelas dia.

Oleh karenanya, Ligwina mengimbau kepada setiap calon investor untuk menetapkan tujuan dengan tepat perihal investasi yang akan dijalankan.

Investasi itu tidak ada yang salah, bergantung tujuannya apa dan sesuai jangka waktu yang ingin dicapai,” jelas Ligwina.



Close Ads X