Tingkatkan Keamanan Transaksi Online, Visa Bentuk "Security Roadmap" - Kompas.com

Tingkatkan Keamanan Transaksi Online, Visa Bentuk "Security Roadmap"

Kompas.com - 05/12/2018, 07:07 WIB
Membayar menggunakan kartu kredit.AP Photo Membayar menggunakan kartu kredit.

JAKARTA, KOMPAS.com - Visa sebagai salah satu penyedia pembayaran digital meluncurkan security roadmap atau skema yang menjabarkan pendekatan dalam meningkatkan keamanan sistem pembayaran di Indonesia selama empat tahun ke depan.

Presiden Direktur PT Visa Worldwide Indonesia Riko Abdurrahman menjelaskan roadmap ini berfokus pada sejumlah inisiatif utama dalam meningkatkan keamanan pembayaran, seiring perkembangan teknologi yang mengubah cara konsumen dalam membayar. 

"Perkembangan teknologi mendorong cara-cara pembayaran yang inovatif, tetapi di sisi lain, juga membawa risiko tersendiri. Untuk mencegah penipuan, tentunya penting untuk berkolaborasi dan berinvestasi dalam meningkatkan keamanan sistem pembayaran," jelas Riko melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (4/12/2018).

Lebih lanjut dia menjelaskan, roadmap Visa diterbitkan demi menjawab pesatnya transformasi pembayaran di Indonesia seiring hadirnya sejumlah inovasi seperti pembayaran mobile yang semakin meningkatkan ekspektasi konsumen saat melakukan pembayaran.

Berdasarkan studi Consumer Payment Attitudes yang dilakukan Visa, keamanan merupakan kekhawatiran utama para konsumen di Asia Tenggara, di mana dua pertiga konsumen atau 67 persen merasa khawatir dengan keamanan informasi pribadi mereka saat menggunakan ponsel untuk melakukan pembayaran.

Secara lebih spesifik, konsumen di Indonesia menyebutkan kehilangan atau kecurian ponsel, menjadi korban peretasan atau pencurian data, serta serangan malware dan virus dalam ponsel merupakan tiga kekhawatiran terbesar saat melakukan pembayaran menggunakan ponsel.



Close Ads X