Dukung Bisnis, BTN Gandeng 4 "Start-up"

Kompas.com - 07/12/2018, 19:46 WIB
Presiden Joko Widodo bersama Direktur Utama BTN Maryono pada acara Digital Startup Connect. Dok. BTNPresiden Joko Widodo bersama Direktur Utama BTN Maryono pada acara Digital Startup Connect.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk berkolaborasi dengan 4 perusahaan rintisan atau startup untuk mendukung bisnis perseroan. Empat startup tersebut yakni KYKC!, ManPro, Gradana dan Buildeco.

"Saat ini kami berkolaborasi dengan empat startup ini untuk mendukung bisnis di antaranya mempercepat pelayanan kepada nasabah. Kalau untuk akuisisi masih perlu kajian lebih lanjut," ujar Direktur Utama BTN Maryono dalam pernyataannya pada acara Digital Start Up Connect 2018, Jumat (7/12/2018).

Maryono mengungkapkan, kolaborasi dengan KYKC! akan mempermudah nasabah BTN mengisi data dalam pembukaan rekening tabungan. Dengan penggunaan teknologi optical character recognation (OCR) pembukaan rekening tabungan hanya memerlukan foto KTP.

Dengan Manpro, BTN bekerja sama dalam penggunaan aplikasi monitoring pembangunan proyek perumahan agar sesuai dengan rencana anggaran biayanya. 

Baca juga: BTN Genjot Pembiayaan Rumah untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah

Sementara dengan Gradana, BTN bekerja sama dalam KPR autoapproval untuk pasar properti. Di mana Gradana akan membantu debitur dalam cicilan uang muka KPR.

"BTN dan Gradana bekerja sama dalam pembelian properti. BTN memberikan pencairan berdasarkan analisis kredit dan Gradana memberikan pencairan sejumlah uang muka kepada debitur," jelas Maryono..

Adapun dengan Buildeco, lanjut Maryono, BTN akan bekerja sama dalam portal perdagangan elektronik untuk pembelian bahan bangunan bagi mitra perseroan untuk mendukung program sejuta rumah, program konstruksi dan program infrastruktur lainnya. 

Baca juga: Blue Bird dan BTN Kerja Sama Pembiayaan Perumahan

“Dengan jumlah pengguna internet yang terus meningkat di Indonesia, perkembangan start up  semakin pesat, terutama e-commerce dan financial technology, karena itu perbankan harus memanfaatkan mereka sebagai peluang bisnis sekaligus mitra untuk meningkatkan layanan digital perbankan,” ujar Maryono.

Menurut Maryono, BTN akan melakukan sejumlah strategi untuk memanfaatkan perkembangan ekosistem digital di Indonesia. Strategi pertama, adalah bermitra dengan Plug n Play Indonesia dalam mencari perusahaan-perusahaan startup sebagai mitra untuk menjawab kebutuhan-kebutuhan BTN dalam bertransformasi digital. 

Strategi kedua adalah penguatan e-channel, BTN akan fokus meningkatkan kolaborasi dengan e-commerce dan fintech. Salah satunya dengan menjadi e-commerce acquirer.

BTN berencana membuat aplikasi bergerak atau mobile apps untuk agen laku pandai dan digital on boarding untuk aplikasi kredit maupun pembukaan rekening.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X