Big Data dan IoT Bisa Dimanfaatkan dalam Pengembangan Bisnis - Kompas.com

Big Data dan IoT Bisa Dimanfaatkan dalam Pengembangan Bisnis

Kompas.com - 14/12/2018, 13:20 WIB
IlustrasiPEXELS.com Ilustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kemajuan teknologi dan informasi bisa dimanfaatkan oleh kalangan bisnis, tak terkecuali pula bagian personalia atau HRD perusahaan untuk manajemen dan pengembangan pegawai. Ini termasuk penggunaan big data dan internet of things (IoT).

Hal ini yang diperkenalkan QUNIE Corporation, perusahaan konsultan manajemen Jepang dan Netika Indonesia dalam seminar yang bekerja sama dengan Sekolah Bisnis Manajemen Institut Teknologi Bandung (ITB) beberapa waktu lalu. Dengan pemanfaatan teknologi, maka perusahaan dapat mengembangkan bisnis hingga sumber daya manusia (SDM) agar lebih kompeten.

Rizal Siddik, Manager QUNIE Academy mengungkapkan, big data dan IoT bisa dimanfaatkan di dalam bisnis. Ini termasuk pula penggunaan skema inovasi model bisnis dalam berabagai sektor industri.

"Partisipan bisa mendapatkan pemahaman mengenai bagaimana teknologi big data dan IoT diimplementasikan di Jepang, dan bagaimana cara mengimplementasikan teknologi tersebut dalam konteks bisnis di Indonesia," jelas Rizal dalam pernyataannya pada seminar The Power of Big Data & IoT in Business, Jumat (14/12/2018).

Dalam seminar pembelajaran tersebut, aspek pentingnya adalah pengaplikasian business model navigator. Ini adalah metodologi utama skema inovasi model bisnis.

Peserta melakukan visualisasi model bisnis, belajar menggunakan 55 jenis model bisnis, dan mencoba merancang model bisnis dalam kelompok-kelompok kecil.

Yudo Anggoro, Wakil Direktur SBM ITB menyatakan, seminar ini merupakan kesempatan yang baik untuk kolaborasi antara dunia akademik dan industri.

"Ini juga merupakan kesempatan yang baik untuk mengeksplorasi ranah-ranah baru seperti big data dan IoT," ujar Yudo.

 



Close Ads X