BI Buka Lelang DNDF, Rupiah Menguat Jadi Rp 14.484 Per Dollar AS

Kompas.com - 18/12/2018, 13:09 WIB
Ilustrasi rupiah dan dollar AS THINKSTOCKSIlustrasi rupiah dan dollar AS

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS di pasar spot tercatat menguat menjadi Rp 14.484 per dollar AS dari pembukaan perdagangan yang berada pada level Rp 14.561 per dollar AS pada Selasa (18/12/2018).

Kepala Departemen Pengelolaan Moneter Bank Indonesia Nanang Hendarsah menjelaskan, penguatan terjadi setelah BI pada pukul 08.30 WIB membuka lelang DNDF (Deposit Non Delivery Forward).

"Penguatan ternjadi setelah BI pada pukul 08.30 membuka lelang DNDF dengan metode fixed rate tender selama 15 menit," ujar Nanang melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (18/12/2018).

Setelah itu, BI kemudian melakukan intervensi DNDF secara langsung dengan 8 broker. "Sehingga mengakibatkan kurs spot semakin turun ke Rp 14.500, dan berhasil tembus ke 14.480 siang pukul 11.00 WIB," ujar dia.

Adapun lelang atau intervensi DNDF oleh BI tidak menggunakan devisa, namun dengan rupiah, tergantung dari hasil perhitungan dua hari sebelum kontrak DNDF jatuh tempo.

Lelang dan intervensi tersebut selain untuk menjaga stabilitas rupiah, juga untuk membuat pasar DNDF menjadi lebih berkembang dan likuid.

Ke depan lelang DNDF akan dilakukan secara reguler tiap hari pukul 8.30 WIB dan dapat dibuka sesi sore pukul 15.45 WIB. Antara jeda waktu kedua lelang pagi dan sore, BI dapat melakukan intervensi DNDF.

"Dengan selalu hadirnya BI di pasar DNDF menjadikan kurs NDF yang diperdagangkan di pasar luar negeri tidak terlalu liar. Bahkan sekarang kurs NDF luar negeri mengikuti kurs DNDF," jelas Nanang.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X