Rancangan Peraturan Pemerintah Soal Cukai Plastik Rampung Akhir 2018

Kompas.com - 18/12/2018, 15:15 WIB
Direktur Teknis dan Fasilitas Cukai, Ditjen Bea Cukai. Nirwala Dwi Hariyanto (Kanan) di Kantor Kementerian Koordinator Perekonomian, Jalarta, Selasa (18/12/2018) Kompas.com/YOGA SUKMANADirektur Teknis dan Fasilitas Cukai, Ditjen Bea Cukai. Nirwala Dwi Hariyanto (Kanan) di Kantor Kementerian Koordinator Perekonomian, Jalarta, Selasa (18/12/2018)

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah masih menggodok Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang cukai plastik. Meski begitu, RPP tersebut akan segera rampung dalam waktu dekat ini.

"Ini RPP-nya diharapkan selesai akhir tahun ini," ujar Direktur Teknis dan Fasilitas Cukai Nirwala Dwi Hariyanto di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Selasa (18/12/2019).

Meski RPP rampung akhir 2018, tak serta merta kebijakan cukai plastik bisa dilakukan. Setelah aturan itu rampung, nantinya akan ada aturan teknis terkait implementasi kebijakan itu.

Menurut Djoko, Kementerian Keuangan memegang mandat untuk membuat aturan teknis pengenaan cukai pada plastik. Mandat itu akan ada di RPP cukai plastik.

"Habis itu kan enggak mungkin langsung dipungut, kami akan bautkan peraturan menteri keuangan karena yang dapat mandat dari perpres itu Kementerian Keuangan untuk membuat peraturan untuk cukai plastik," kata dia.

Sementara itu penerapan cukai plastik diyakini bisa dilakukan pada tahun depan setelah semua aturan ada.

Pengenaan cukai kapada plastik bertujuan untuk mengurangi sampah plastik yang kian banyak. Berbeda dengan sampah lain, sampah plastik sendiri susah untuk terurai sehingga dampaknya besar.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X