Perang Dagang, China dan AS Akan Kembali Negosiasi pada Januari 2019

Kompas.com - 19/12/2018, 14:16 WIB

WASHNGTON, KOMPAS.com - Amerika Serikat dan China kembali mengagendakan untuk bertemu pada bulan Januari dan kembali melakukan negosiasi mengenai gencatan yang saat ini terjadi di antara keduanya.

Namun, kedua belah pihak tidak akan melakukan pertemuan tatap muka terlebih dahulu sebelumnya.

Dikutip dari Bloomberg, Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin mengatakan, paska gencatan, kedua belah pihak beberapa kali melakukan interaksi via telepon dan masih dalam proses untuk merencanakan diskusi formal secara lebih lanjut.

"Kami dalam proses untuk merencanakan beberapa pertemuan dan kami berupaya untuk memastikan akan menggunakan waktu secara bijak dan berupaya menyelesaikan ini," ujar Mnuchin.

Baca juga: Hasil Pertemuan Trump dan Xi Tenangkan Kekhawatiran Perang Dagang

Kedua belah pihak saat ini tengah fokus untuk membuat dokumen kesepakatan dengan target bisa dirampungkan pada 1 Maret mendatang ketika gencatan tarif rampung.

Adapun pihak Kementerian Perdagangan China tidak memberikan respons ketika dimintai keterangan mengenai pertemuan di Januari nanti.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Bloomberg


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.