Libur Natal dan Tahun Baru, Menhub Minta KAI Waspadai Longsor

Kompas.com - 21/12/2018, 10:48 WIB
Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi meninjau kesiapan sarana dan prasarana di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Jumat (21/12/2018).KOMPAS.com/MURTI ALI LINGGA Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi meninjau kesiapan sarana dan prasarana di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Jumat (21/12/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau kesiapan sarana dan prasarana di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Jumat (21/12/2018). Ini menyusul masuk masa libur Natal dan Tahun Baru.

"Kita tahu hari ini dan besok puncak mudik dari Jakarta. Saya memastikan pelayanan, safety dan security dijalankan dengan baik," kata Budi kepada wartawan.

Budi mengatakan, sejuah ini pelayanan yang diberikan PT Kereta Api (Persero) sudah berjalan baik. Kemudahan yang diberikan kepada penumpang atau masyarakat pun sudah dapat dicapai.

"Dari pengamatan saya sejak kemarin, bahwa layanan baik karena saya cek benar. Kemudahan bisa sudah dicapai. Tidak ada satu pun yang merasa susah, relatif mudah," ujarnya.

Baca juga: PT KAI Daop 1 Antisipasi 160 Titik Jalur Rawan Banjir

Dia menambahkan, proses ramp check sudah dilakukan dengan baik dan mendekati 100 persen. Akan tetapi, Budi meminta pihak PT KAI selalu waspada akan terjadinya peristiwa-peristiwa tidak terduga seperti longsor.

"Yang harus diperhatikan direksi PT KAI adalah longsoran-longsoran yang akan timbul lagi. Khususnya di Jawa Barat bagian selatan. Sangat rawat di daerah Garut, Tasikmalaya, dan sebagainya," imbuhnya.

Guna mengatisipasi itu, diperlukan koordinasi yang baik antaran PT KAI dengan Pemerintah Daerah. Selain itu harus ada komunikasi yang inten dengan tim internal PT KAI sendiri.

Baca juga: Intensitas Hujan Tinggi, KAI Cek Kesiapan Jalur Jelang Libur Akhir Tahun

"Bahkan inspeksi mungkin dilakukan dengan jalan kaki dimana potensi-potensi itu ada. Karena sekali (kereta) anjlok langsung kacau semua. Terhenti dan rusak, kita masih punya waktu beberapa hari," sebutnya.

Selain memastikan layanan baik, Menhub juga menyatakan tidak ada kenaikkan tarif kereta. Artinya, tarifnya masih sama pada hari-hari biasa.

"Tarif berjalan dengan baik. Tidak ada kenaikan sama dengan weekend," tuturnya.




Close Ads X