Kekayaan Miliarder 2018: Bezos Bertambah Paling Banyak, Zuckerbeg Paling Tergerus

Kompas.com - 24/12/2018, 08:45 WIB
Ilustrasi THINKSTOCKIlustrasi

NEW YORK, KOMPAS.com - Tahun 2018 adalah masa yang bergejolak bagi banyak investor di seluruh dunia. Hal ini karena pasar saham terguncang oleh berbagai peristiwa mulai dari Brexit hingga ketegangan perdagangan AS-China.

Di tengah ketidakpastian global tersebut, banyak kekayaan miliarder-miliarder menyusut. CEO Facebook Mark Zuckerberg tergerus paling besar kekayaannya. Mark mengalami tahun yang mengerikan di tengah skandal internal dan publisitas Facebook.

Namun, ada banyak pula miliarder yang peruntungannya melawan tren menurun ini. Bill Gates dan Steve Ballmer naik 6,3 miliar dollar AS, berkat harga saham Microsoft yang lebih tinggi. Beberapa miliarder dari Rusia juga tumbuh kekayaanya karena keuntungan dari perusahaan minyak dan gas mereka.

Namun, pemenang terbesar tahun ini dengan selisih besar adalah pendiri dan CEO Amazon Jeff Bezos, yang kekayaannya naik hampir 28 miliar dollar AS hingga 126,2 miliar dollar AS. Bezos bahkan bernilai lebih tinggi pada awal September, ketika kekayaannya mencapai 167 miliar dollar AS.

Baca juga: Kenapa China Bisa Menghasilkan Banyak Miliarder?

Secara keseluruhan, sepuluh orang yang memperoleh keuntungan terbesar di dunia menambahkan total 64 miliar dollar AS untuk kekayaan mereka dalam 12 bulan terakhir. Peningkatan ini jauh lebih sedikit daripada tahun 2017, ketika kekayaan gabungan dari sepuluh pemenang melonjak 204 miliar dollar AS.

Mengutip dari Forbes, Senin (24/12/2018), penilaian tersebut dilakukan dari tanggal 29 Desember 2017 hingga 17 Desember 2018. Berikut adalah 5 orang dengan kenaikan kekayaan dan 5 orang dengan kerugian terbesar miliarder di seluruh dunia.

5 miliarder yang kekayaan meningkat paling besar

1. Jeff Bezos
Bertambah 27,9 miliar dollar AS
Total kekayaan 126,2 miliar dollar AS

2. Tadashi Yanai
Bertambah 7 miliar dollar AS
Total kekayaan 27,1 miliar dollar AS

3. Vagit Alekperov
Bertambah 4,6 miliar dollar AS
Total kekayaan 19,5 miliar dollar AS

4. Rupert Murdoch
Bertambah 4,6 miliar dollar AS
Total kekayaan 19,3 miliar dollar AS

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Forbes
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.