Kaleidoskop 2018: Pesta Belanja Online 11.11 dan 12.12

Kompas.com - 28/12/2018, 05:49 WIB
Ilustrasi belanja onlineShutterstock Ilustrasi belanja online

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepanjang 2018, setidaknya ada dua momentum belanja online terbesar yang menyedot antusiasme masyarakat.

Keduanya adalah festival belanja 11.11 atau yang juga dikenal sebagai "Single's Day" serta hari belanja online nasional 12.12.

Pelaku e-commerce di Indonesia tak mau ketinggalan untuk berpartisipasi dalam event tersebut. Sebut saja Lazada, Shopee, JD.id, Blibli.com, Elevenia, hingga Zalora. Mereka pun berlomba-lomba memberikan penawaran terbaik untuk memanjakan pelanggannya.

Berikut sejumlah fakta yang dirangkum Kompas.com terkait pesta belanja online 11.11 dan 12.12:

1. Banjir promo

Sejumlah e-commerce memberikan diskon gila-gilaan di kedua momentum belanja online tersebut. Shopee, Bukalapak, dan Lazada, misalnya, melakukan flash sale dengan harga yang lebih rendah dan lebih banyak flash sale dalam sehari.

Destinasi belanja furnitur lokal, Fabelio, berani menyiapkan diskon hingga 70 persen. Lazada juga menggelar Crazy Flash Sale dengan diskon hingga 99.9 persen. Bahkan, ada Flash Deal Serba 12 Rupiah di Bukalapak.

Promosi yang diberikan e-commerce juga semakin kreatif dan interaktif. Jika dulu promosi hanya berupa potongan harga, kini mulai bergeser ke bentuk yang lebih menarik seperti kuis di media sosial, cashback, hingga permainan interaktifl yang bisa dimainkan melalui ponsel pintar.

Pada festival belanja 11.11, Lazada mengeluarkan program Lazada Wonderland di mana konsumen bisa bermain untuk menemukan promo di toko favorit mereka. Sedangkan Blibli mengeluarkan permainan bernama Blibli Histeria Jerat Jerit yang mengharuskan konsumen mencari promo di toko terdekat untuk mendapat cashback.

Elevenia juga mengembangkan permainan interaktif bernama SU11T yang mengajak konsumen untuk bermain suit dengan konsumen lain untuk mendapat poin dan hadiah.

Baca juga: Ini Perbandingan Promo E-Commerce pada Festival Belanja Online 11.11

2. Transaksi berlipat

Single's Day maupun Harbolnas menjadi momentum bersejarah bagi e-commerce di Indonesia. Para e-commerce yang berpartisipasi mencatatkan pertumbuhan transaksi hingga berkali-kali lipat.

Pada Harbolnas 12.12, perkiraan transaksi yang dihasilkan senilai Rp 6,8 triliun atau naik Rp 2,1 triliun dari nilai transaksi tahun lalu. Namun, jumlah tersebut masih di bawah target, yakni Rp 7 triliun. Sementara pertumbuhan masyarakat yang berpartisipasi mengikuti Harbolnas meningkat hingga 46 persen dibanding tahun lalu.

Baca juga: Gelaran Harbolnas 2018 Catatkan Total Transaksi Rp 6,8 Triliun

Berdasarkan hasil riset ini, nilai transaksi di platform e-commerce rata-rata meningkat 6,9 kali dibanding rata-rata transaksi harian.

Shopee, misalnya, pada Harbolnas 12.12 mencatatkan lebih dari 12 juta transaksi di 7 negara. Dengan lebih dari 450.000 merek dan penjual, portal belanja daring oranye ini dikunjungi lebih dari 48 juta pengguna yang menikmati 60 juta promo dari seluruh kategori.

Halaman:


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Close Ads X