Kompas.com - 31/12/2018, 06:40 WIB

CIREBON, KOMPAS.com - Untuk mengurangi pemakaian kendaraan pribadi, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menggagas pembentukan bus trans java yang beroperasi di sepanjang jalur Tol Trans Jawa.

"Kita sedang menggagas trans java berupa bus-bus yang lux. Bisa saja kerja sama dengan Jasa Marga dengan satu badan," ujar Budi Karya seperti dikutip dari Antara, Minggu (30/12/2018).

Bus trans java ini sebut dia, bisa mengangkut 40 atau 50 orang per bus. Dengan demikian diharapkan bisa mengurangi ego serta kecenderungan masyarakat untuk menggunakan kendaraan pribadi saat bepergian.

"Saya mengusulkan kepada ibu Desi (pimpinan Jasa Marga), kita mulai merintis kerja sama dengan Damri," ujar Menhub.

Baca juga: Menhub Budi Karya Uji Kelayakan Pesawat Lion Air untuk Mudik

Budi Karya menyebut, dirinya akan menjadi penumpang pertama ketika bus 'trans java' terbentuk dengan rute Jakarta-Surabaya.

Hal tersebut disampaikan Menhub saat dirinya memberikan sambutan di hadapan para Milenial Kementerian Perhubungan dan Jasa Marga, Sabtu (29/12/2018).

Dalam kesempata tersebut Menhub juga meninjau langsung Rest Area Kilometer 207A Tol Palikanci, sekaligus memperkenalkan dan membagikan buku "Peta Kuliner Trans Jawa" kepada pengguna jalan tol yang singgah di Rest Area itu.

Selain meninjau Rest Area, Menhub juga melakukan pemeriksaan kelaikan bus di Terminal Kota Tegal, Jawa Tengah dan sempat beristirahat serta mencicipi kuliner sate Batibul di kota tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Antara
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.