Kopiko dan Choki-Choki, Merek RI yang Kuasai Pasar Hingga ke Afrika

Kompas.com - 08/01/2019, 18:23 WIB
Makanan astronot pada Proyek Mercury dan Gemini (1958-1966). Makanan astronot pada Proyek Mercury dan Gemini (1958-1966).

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah merek makanan dan minuman asal Indonesia sudah mendunia. Bahkan menguasai pangsa pasar di sejumlah negara.

Misalnya saja Kopiko dan Choki Choki yang merupakan produk brand dari Mayora. Kedua merek itu tercatat menguasai pangsa pasar di sejumlah negara.

"Ini adalah Indonesian brand. Kami sudah menjadi milestone di beberapa negara," ujar Regional Managing Director for ASEAN PT Mayora Indah Maspiyono dalam seminar Ekonomi Outlook 2019 di Jakarta, Selasa (8/1/2019).

Kopiko sendiri merupakan merek permen dan kopi. Untuk permen, Kopiko merupakan produk permen kopi nomor satu di Filipina, Vietnam, Malaysia, India, Afrika hingga Amerika Serikat.

Sementara itu Kopiko kopi, menjadi produk kopi instan nomor satu di Filipina, Lebanon, Iran.dan Rusia.

Selain Kopiko, merek dari Mayora yang mendunia yakni Choki Choki. Berdasarkan data Mayora, produk coklat stick ini merupakan penguasa pasar di Thailand, Malaysia, India, Afrika dan Timur Tengah.

Selain keduanya, Mayora juga memiliki produk unggulan lainnya yang sudah menguasai pangsa pasar di beberapa negara. Contohnya Danisa, Beng Beng dan Energen.

Untuk menguasi pasar dunia, Maspiyono mengatakan bahwa Mayora melakukan inovasi. Diantaranya dengan menyesuaikan rasa dengan masyarakat di berbagai negara.

"Kayak kopi bubuk 3 in 1. Kalau Filipina mereka suka sekali kopinya sedikit. Lebih banyak susunya. Tapi kalau di Vietnam dan Thailand, mereka suka kopi kental sekali. Jadi enggak bisa satu produk yang kita jual di beberapa tempat," kata dia.




Close Ads X