Tak Ada Eksplorasi Besar-besaran, Investasi Minerba Diprediksi Stagnan

Kompas.com - 09/01/2019, 16:21 WIB
Direktur Jenderal Minerba Kementerian ESDM Bambang Gatot Ariyono memaparkan konerja Ditjen Minerba 2018 di kantor Ditjen Minerba, Jakarta, Rabu (9/1/2019). KOMPAS.com/AMBARANIE NADIADirektur Jenderal Minerba Kementerian ESDM Bambang Gatot Ariyono memaparkan konerja Ditjen Minerba 2018 di kantor Ditjen Minerba, Jakarta, Rabu (9/1/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Jenderal Minerba Kementerian ESDM Bambang Gatot Ariyono mengatakan, investasi subsektor minerba 2019 tak akan jauh berbeda dengan capaian tahun lalu.

Hal itu disebabkan karena tak ada hal menonjol di sektor minerba, seperti eksplorasi baru di tambang. Adapun investasi yang didapat dari minerba tahun 2018 sebesar 6,8 miliar dollar AS. Realisasinya sudah melebihi target 6,2 miliar dollar AS atau tercapai 110 persen.

"Semoga tahun ini hampir mirip segitu saja. Kan belum ada investasi baru, belum ada eksplorasi besar-besaran," ujar Bambang di kantor Ditjen Minerba, Jakarta, Rabu (9/1/2019).

Meski sudah mencapai target, investasi minerba pada 2018 belum menunjukkan angka yang menggembirakan. Bambang mengatakan, ada beberapa hal yang menjadi faktor investasi minerba masih rendah. Penyebabnya antara lain adanya perubahan rencana, penundaan realisasi investasi, hingga menunda izin IPPKH.

"Mungkin juga ada yang menunda karena perpanjangan kontrak belum fix," kata Bambang.

Bambang mengatakan, investasi minerba selama ini paling besar dilakukan untuk modal belanja mengganti peralatan. Selain alasan tersebut, ada sejumlah tambang yang belum laku dilelang. Tahun lalu, ada empat tambang yang belum laku yang diwariskan untuk tahun ini. Kemudian, ada 10 tambang lagi yang urusan lelangnya diserahkan ke daerah.

Bambang menyebutkan, tambang yang masih dalam proses lelang antara lain tambang Silo di Jember, Jawa Timur dan tambang nikel di Sulawesi Tenggara.

"Kalau ada tambahan eksplorasi baru itu pasti meningkat. Kalau 2019 lelang selesai, investasi naik," kata Bambang.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X