Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Analis: Hasil Debat Capres akan Pengaruhi Gerak IHSG Hari Ini

Kompas.com - 18/01/2019, 06:29 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi mampu melanjutkan penguatan pada perdagangan akhir pekan ini, Jumat (18/1/2019). Utamanya, indeks bakal didominasi sentimen dari domestik.

Berdasarkan RTI, indeks Kamis (17/1/2019) ditutup menguat tipis yakni 0,16 persen ke level 6.423,78. Hal ini didukung aksi net buy dari investor asing di seluruh market, yang mencapai Rp 1,61 triliun.

Analis Panin Sekuritas William Hartanto mengatakan, banyaknya net buy pada perdagangan kemarin diprediksi masih akan berlanjut pada perdagangan akhir pekan ini.

"Adanya net buy asing yang besar, menunjukkan optimisme terhadap pasar," katanya kepada Kontan, Kamis (17/1/2019).

Untuk itu, IHSG Jumat (18/1/2019) diprediksi bakal menguat, dengan kisaran suport di level 6.400. Sedangkan untuk level resistance, diperkirakan bakal mencapai 6.500.

Meskipun cenderung menguat, investor masih perlu memperhatikan perkembangan pasar usai debat calon presiden dan calon wakil presiden (capres dan cawapres) 2019 yang digelar nanti malam.

Menurut William, hasil debat tersebut bisa memberikan sentimen bagi pergerakan IHSG besok. "Perlu diperhatikan, apakah mereka (investor asing) berbalik menjual (net sell) atau tidak, setelah hasil debat. Jika hasilnya tidak sesuai harapan, asing bisa dengan mudah melepas saham saham yang sudah dibeli," ungkap William.

Dengan begitu, untuk perdagangan besok, saham yang direkomendasikan Panin Sekuritas di antaranya CPIN, PTBA, BUMI, BBRI dan BBNI.

 

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Analis Panin: Hasil debat capres akan pengaruhi IHSG Jumat (18/1) besok

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com