Analis: Hasil Debat Capres akan Pengaruhi Gerak IHSG Hari Ini

Kompas.com - 18/01/2019, 06:29 WIB
Suasana di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Senin (21/5/2018). KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNGSuasana di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Senin (21/5/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi mampu melanjutkan penguatan pada perdagangan akhir pekan ini, Jumat (18/1/2019). Utamanya, indeks bakal didominasi sentimen dari domestik.

Berdasarkan RTI, indeks Kamis (17/1/2019) ditutup menguat tipis yakni 0,16 persen ke level 6.423,78. Hal ini didukung aksi net buy dari investor asing di seluruh market, yang mencapai Rp 1,61 triliun.

Analis Panin Sekuritas William Hartanto mengatakan, banyaknya net buy pada perdagangan kemarin diprediksi masih akan berlanjut pada perdagangan akhir pekan ini.

"Adanya net buy asing yang besar, menunjukkan optimisme terhadap pasar," katanya kepada Kontan, Kamis (17/1/2019).

Untuk itu, IHSG Jumat (18/1/2019) diprediksi bakal menguat, dengan kisaran suport di level 6.400. Sedangkan untuk level resistance, diperkirakan bakal mencapai 6.500.

Meskipun cenderung menguat, investor masih perlu memperhatikan perkembangan pasar usai debat calon presiden dan calon wakil presiden (capres dan cawapres) 2019 yang digelar nanti malam.

Menurut William, hasil debat tersebut bisa memberikan sentimen bagi pergerakan IHSG besok. "Perlu diperhatikan, apakah mereka (investor asing) berbalik menjual (net sell) atau tidak, setelah hasil debat. Jika hasilnya tidak sesuai harapan, asing bisa dengan mudah melepas saham saham yang sudah dibeli," ungkap William.

Dengan begitu, untuk perdagangan besok, saham yang direkomendasikan Panin Sekuritas di antaranya CPIN, PTBA, BUMI, BBRI dan BBNI.

 

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Analis Panin: Hasil debat capres akan pengaruhi IHSG Jumat (18/1) besok

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.