BUMDes Dilatih jadi Agen Bank

Kompas.com - 20/01/2019, 14:29 WIB
PT Bank Negara Indonesia (Persero) mendukung Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) untuk menyediakan smart office, Rabu (1/8/2018)
Dok. Humas Kemendes PDTT PT Bank Negara Indonesia (Persero) mendukung Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) untuk menyediakan smart office, Rabu (1/8/2018)

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi RI (Kemendesa) menggandeng PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk untuk mengembangkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES).

Salah satu program yang dilaksanakan yakni pelatihan pengelola BUMDES serta pelatihan agar bisa menjadi BUMDES sebagai agen bank di desa.

"Di mana BNI bisa memanfaatkan BUMDES sebagai agen," ujar Corporate Secretary BNI Kiryanto dalam siaran pers, Jakarta, Minggu (20/1/2019).

Dengan menjadikan BUMDES sebagai agen bank, maka bank tidak perlu lagi membuka kantor cabang atau unit baru yang membutuhkan biaya tinggi. Tetapi cukup dengan bermitra degan BUMDES saja.

Selain itu BUMDES juga bisa mempermudah tugas bank dalam hal memberikan kredit usaha rakyat (KUR). BUMDES bisa berfungsi menjadi lembaga penyalur KUR ke desa-desa.

Dalam pelaksanaan kegiatan program kerjasama pengembangan BUMDES, BNI memberikan dukungan untuk pembiayaan pelatihan.

"Dukungan kepada mitra kerja BNI dalam konteks kerjasama yang bersifat bisnis antar lembaga," kata dia.

Selain program pelatihan BUMDES, BNI juga memiliki beberapa program lain untuk masyarakat desa.

Misalnya program kewirausahaan Petani, Program Mekaar Naik Kelas , Kegiatan Mengawal Musim Tanam Okmar 2018/2019 dan Kegiatan Serap Gabah.



Close Ads X