Pasca Tahun Baru Imlek, Harga Emas Berpotensi Tergerus

Kompas.com - 04/02/2019, 16:03 WIB
Ilustrasi emas batangan SHUTTERSTOCKIlustrasi emas batangan

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah menyentuh level tertinggi dalam beberapa bulan terakhir pada pekan lalu, harga emas berpotensi turun.

Sejak Jumat (25/1/2019) sampai dengan Jumat (1/2/2019), harga emas memasuki level  1.300 dollar AS per ons troi, dengan percapaian tertingginya pada Rabu (31/1/2019) yakni  1.325 dollar AS per ons troi.

Mengutip Bloomberg pada Senin (4/2/2019) pukul 15.25 WIB, harga emas untuk pengiriman April 2019 di Commodity Exchange turun 0,36 persen ke 1.317,40 dollar AS per ons troi dari Jumat lalu 1.322,10 dollar AS per ons troi.

Direktur Utama PT Garuda Berjangka, Ibrahim menilai, euforia permintaan emas menjelang Imlek mereda, sebab sejumlah negara importir emas libur hari ini. Ditambah indeks dollar Amerika Serikat (AS) kembali menguat. Indeks dollar spot menunjukan penguatan 0,16 persen menjadi 95,73.

Baca juga: Pertama Kali sejak Juni 2018, Harga Emas Tembus 1.300 Dollar AS

“Indeks dollar AS menguat karena sejumlah rilis data AS yang positif,” kata Ibrahim kepada Kontan, Senin (4/2/2019).

Jumat kemarin, rilis data manufaktur AS berada di level 56,6, lebih tinggi daripada perkiraan sebelumnya di level 54,1.

Ibrahim melihat, ini merupakan tanda-tanda ekonomi AS mulai membaik. The Fed pun diprediksi akan menyinggung kenaikan suku bunga dalam waktu dekat.

Tetapi ia menilai realisasinya masih akan dilaksanakan paling tidak pada semester II tahun ini, megingat kondisi ekonomi global yang masih runyam.

Baca juga: Harga Emas Dunia Naik Tipis

Ini tentunya akan menghambat laju pergerakan harga emas sebagai salah satu safe haven karena investor akan kembali melirik AS.

Secara teknikal ia melihat harga indikator stochastic dan relative strength index (RSI) berada di level 70 persen yang mengindikasikan negatif, sehingga harga emas kemungkinan terkoreksi. Ibrahim meramal harga emas pada perdagangan Rabu (6/2/2019) bergerak di level 1.303- 1.321 dollar AS per ons troi.

 

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Pasca Imlek, harga emas berpotensi tergerus

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.