Sudah Tinggalkan Rp 14.000, BI Sebut Rupiah Masih Terlalu Murah

Kompas.com - 08/02/2019, 14:17 WIB
Ilustrasi rupiah dan dollar AS THINKSTOCKSIlustrasi rupiah dan dollar AS

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah dalam satu minggu terakhir telah meninggalkan level Rp 14.000 per dollar AS. Namun, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menilai, posisi nilai tukar rupiah saat ini masih terlalu murah atau undervalue.

"Kalau itung-itungan memang kalau fundamental nilai tukar rupiah masih undervalued," ujar Perry ketika memberikan penjelasan kepada awak media di Jakarta, Jumat (8/2/2019).

Perry mengatakan, perhitungan tersebut berdasarkan tingkat inflasi yang cenderung rendah juga kondisi neraca pembayaran yang membaik.

Bahkan dirinya mengatakan, kondisi neraca perdagangan yang akan dirilis hari ini surplus 5 miliar dollas AS meski defisit transaksi berjalan (current account deficit/CAD) yang terdiri atas neraca jasa dan neraca perdagangan masih cukup lebar.

"Surplus dari neraca modalnya jauh lebih besar sehingga memang surplus dari neraca modal atau aliran modal asing itu bisa menutupi defisit CAD, sehingga neraca pembayarannya secara keseluruhan adalah surplus," ujar Perry.

Sebagai catatan, pada perdagangan hari ini, Jumat (8/2/2019) rupiah diperdagangkan pada Rp 13.974 per dollar AS, atau melemah 1,5 poin jika dibandingkan pada penutupan perdagangan yang berada pada posisi Rp 13.972,5 per dollar AS.

Sedangkan di kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR), nilai tukar rupiah terhadap dollar AS saat ini berada pada posisi Rp 13.992.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X