Darmin soal Harga Beras di Indonesia Mahal: Coba Saja Beli di Jepang...

Kompas.com - 15/02/2019, 16:38 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution memberikan keterangan kepada awak media di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Jumat (15/2/2019). KOMPAS.com/MURTI ALI LINGGA Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution memberikan keterangan kepada awak media di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Jumat (15/2/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution membantah pernyataan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto, bahwa harga beras di Indonesia merupakan yang termahal di dunia.

Saat kampanye di Blora, Jawa Tengah, Kamis (14/2/19), Prabowo menyebut harga beras, daging dan daging ayam di Indonesia menjadi salah satu yang tertinggi di dunia.

"Harga kalau di ritel siapa bilang termahal? Tapi kalau di perdagangan internasional memang harga di Thailand itu murah," ujarnya di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Jumat (15/2/2019).

"Tapi itu tidak ada di internasionalnya. Coba saja beli beras di Jepang, kalau tidak harganya dua kali lipat dari kita, sudahlah," sambung dia.

Baca juga: Prabowo Sebut Harga Beras dan Daging di Indonesia Salah Satu yang Tertinggi di Dunia

Mantan Gubernur Bank Indonesia itu enggan untuk berkomentar lebih banyak lantaran menurut dia, apa yang disampaikan oleh Prabowo itu terkait dengan politik praktis Pilpres 2019.

Sebelumnya, Prabowo juga mengatakan tingginya harga komoditas itu diperparah dengan kondisi ekonomi mayoritas rakyat Indonesia yang dalam keadaan sulit.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ia menyebut hal ini terjadi karena kebocoran kekayaan negara. Hal ini, menurut Prabowo, menyebabkan kekayaan yang seharusnya dinikmati masyarakat justru mengalir ke luar.

Dia pun berjanji untuk memperbaiki kondisi tersebut jika mendapatkan amanah untuk memimpin Indonesia.

"Beras di Indonesia jadi salah satu tertinggi di dunia. Demikian daging juga tertinggi di dunia. Daging ayam tertinggi di dunia. Salah satu yang tertinggi di dunia. Perjuangan kami adalah untuk kita perbaiki keadaan ini dengan segera," kata Prabowo saat kampanye di Blora, Jawa Tengah, Kamis (14/2/19), seperti disiarkan Gerindra TV.

Baca juga: Jokowi soal Beras: Jangan Sampai Masyarakat Senang, Petani Enggak Senang...

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.