LinkAja Mulai Beroperasi 1 Maret 2019?

Kompas.com - 22/02/2019, 07:48 WIB
Peluncuran pengembangan Himbara Cloud di Menara Mandiri, Jakarta Pusat, Kamis (20/12/2018)KOMPAS.com/Putri Syifa Nurfadilah Peluncuran pengembangan Himbara Cloud di Menara Mandiri, Jakarta Pusat, Kamis (20/12/2018)

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembentukan produk teknologi finansial (fintech) sinergi milik Himpunan Bank Milik Negara (HIMBARA), Telkomsel, dan Pertamina, memasuki tahap final.

Rencananya, aplikasi tersebut diluncurkan pada 1 Maret 2019. Hal tersebut diketahui dari SMS Bank Mandiri kepada pelanggan pada awal pekan ini.

Pesan singkat itu memberitahu bahwa aplikasi Mandiri e-cash akan berganti menjadi LinkAja per 1 Maret 2019.

"Nasabah Yth. Mulai 01 Mar 2019, mandiri e-cash akan berubah menjadi LinkAja. Temukan fitur baru yang lebih lengkap di LinkAja," demikian bunyi pesan singkat tersebut.

Baca juga: Menteri BUMN: LinkAja Sebentar Lagi Launch

Soal rencana peluncuran ini dibenarkan Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Maryono, sebagai Ketua Himbara.

"Betul bahwa semua nasabah Himbara akan migrasi ke LinkAja tanggal 1 Maret 2019," ujar Maryono kepada Kompas.com, Kamis (21/2/2019).

Maryono mengatakan, aplikasi sudah siap digunakan, tinggal menyelesaikan beberapa hal terakit regulasi.

Baca juga: E-Money, Brizzi, dan TapCash Akan Berubah Jadi LinkAja

Adapun Bank Indonesia menyebut pengajuan izin terkait aplikasi tersebut sudah masuk ke meja Dewan Gubernur dan tinggal dieksekusi dalam waktu dekat.

"(Aplikasinya) tampaknya sudah tahap akhir, mudah-mudahan bisa terealisasi dalam waktu dekat," ujar Deputi Gubernur BI Sugeng di gedung BI, Jakarta, Kamis.

Sugeng mengatakan, tak ada hambatan berarti dalam pengurusan izin LinkAja. BI pun sudah melihat sistem LinkAja yang sudah digodok di tahap akhir.

"Progressnya cukup bagus, permohonan sudah diajukan ke BI dan dokumen-dokumen sudah dilengkapi," kata Sugeng.

Baca juga: T-Cash Jadi LinkAja, Izin Platform QR Code Himbara Masih Diproses BI

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno sebelumnya telah memastikan layanan keuangan elektronik LinkAja akan dirilis dalam waktu dekat. Bila tak ada aral melintang, LinkAja akan di-launching pada Maret 2019.

Halaman:



Close Ads X