Kebakaran Kapal di Muara Baru, Sebelumnya Susi Sudah Beri Peringatan

Kompas.com - 25/02/2019, 21:17 WIB
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. KOMPAS.com/AMBARANIE NADIAMenteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Kelautan dan Perikanan (KPP), Susi Pudjiastuti mengungkapkan, sudah pernah memberi peringatan terkait fungsi Pelabuhan Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara.

Keberadaan pelabuhan itu tidak boleh digunakan selain aktivitas pelayaran kapal dan turunannya.

"Saya sudah lama peringatkan tidak boleh pelabuhan dipakai untuk reparasi, pembangunan kapal di pelabuhan ikan itu. Kalau mau pembangunan ke galangan kapal," ungkap Susi dalam siaran langsung akun Twitter KKP, dikutip Kompas.com, Senin (25/2/2019).

Susi mengatakan, adanya oknum pemilik kapal yang melakukan docking atau perbaikan kapal di tempat tidak semestinya, masih menjadi persoalan tersendiri sejauh ini. Kondisi itu tidak hanya terjadi di Pelabuhan Muara Baru, namun masih ada pelabuhan-pelabuhan lainnya di Indonesia.

"Ini persoalan sama di (Tanjung) Benoa, (Provinsi Bali) juga orang bikin kapal di tempat orang bongkar ikan. Tidak bisa begitu. Kita sedang menyelidiki beberapa kasus, terlalu banyak berurutan dari Pekalongan, Tegal, Benoa, dan Muara Baru," ujarnya.

Dia menyatakan, kebakaran kapal yang terjadi di Pelabuhan Muara Baru beberapa hari lalu timbul karena banyak pelanggaran di sana. Hingga akhirnya, kejadian itu menghanguskan 34 unit kapal.

"Tapi yang pasti, kejadian ini timbul karena banyaknya pelanggaran di Pelabuhan Muara Baru. Apa itu? Yaitu banyak kapal-kapal banyak melakukan docking, pembangunan kapal di pelabuhan," ungkapnya.

Sebelumnya, kebakaran yang menghanguskan 34 unit kapal ini terjadi Sabtu (23/2/2019), sekira pukul 15.16 WIB.

Api awalnya hanya membakar tiga kapal nelayan di Pelabuhan Muara Baru, Sabtu (23/2/2019) pukul 15.16 WIB.

Namun dalam proses pemadaman, angin bertiup kencang ke arah barat, sehingga mengenai kapal lainnya yang posisinya saling berdekatan. Api baru berhasil dipadamkan pada Minggu pukul 05.16 WIB.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X