Begini Cara Mengikuti Program Angkutan Motor Gratis

Kompas.com - 15/03/2019, 06:40 WIB
Program angkutan sepeda motor gratis untuk Lebaran 2019https://mudikgratis.dephub.go.id/ Program angkutan sepeda motor gratis untuk Lebaran 2019

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk musim mudik Lebaran 2019, Kementerian Perhubungan program Angkutan Motor Gratis (Motis) dengan moda Kereta Api. Untuk tahun ini, Kemenhub menyediakan kuota sebanyak 18.092 motor.

Bagi yang ingin mengikuti program ini, caranya cukup mudah. Peserta motis dapat mendaftar secara online melalui website mudikgratis.dephub.go.id dan dapat juga mendaftar langsung di stasiun-stasiun yang telah ditunjuk.

Pendaftaran online sendiri telah dibuka sejak 12 Maret hingga 25 Mei 2019. Untuk pendafataran langsung di stasiun, bisa dilakukan mulai 12 Maret hingga 13 Mei 2019.

“Cara untuk melakukan pendaftaran motis ini cukup mudah. Mendaftar dari rumah juga bisa. Buktinya saat ini sudah 6.000 yang mendaftar,” ujar Direktur Lalu Lintas Kereta Api Kemenhub, Zulmafendi di kantornya, Jakarta, Kamis (14/3/2019).

Baca juga: Mau Ikut Angkutan Motor Gratis Via Kereta Api?

Untuk pendaftaran online, peserta akan diminta mengisi data jumlah penumpang. Selanjutnya, akan diminta mengisi kota asal keberangkatan dan kota tujuannya.

Lalu, peserta diminta memilih waktu berangkat dan waktu pulangnya serta menyertakan nomer pelat motor yang akan diberangkatkan.

Untuk bisa mendaftar Motis, harus bisa menunjukkan tiket KA/Bus/Travel atas nama Peserta Motis 2019. Tanpa menunjukkan bukti tiket tersebut, peserta tidak bisa mendaftar motis 2019

Satu pendaftar harus memiliki SIM C dan hanya dapat mendaftarkan satu unit motor, dan dapat difasilitasi pembelian tiket KA (selama alokasi masih tersedia) untuk 3 orang dewasa.

Bagi para peserta yang sudah mendaftar secara online, apabila dalam waktu 3 x 24 jam setelah menerima bukti pendaftaran tidak melakukan registrasi ulang di lokasi yang ditunjuk, maka data yang didaftarkan akan terhapus secara otomatis oleh sistem dan kode booking tidak dapat digunakan kembali.

Pemberangkatan sepeda motor, 1 hari lebih awal dari tanggal keberangkatan Peserta Motis 2019 yang terdapat di tiket yang dimiliki/dibeli oleh Peserta. Untuk motor yang transit, 2 hari lebih awal dari tanggal keberangkatan yang terdapat di tiket yang dimiliki/dibeli oleh Peserta.

Sepeda motor diserahkan H-1 atau satu hari sebelum tanggal keberangkatan penumpang dan untuk sepeda motor yang transit diserahkan H-2 atau dua hari sebelum tanggal keberangkatan penumpang. Selanjutnya, sepeda motor harus diserahkan langsung ke Stasiun yang ditunjuk mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB.

Pada saat pendaftaran dan penyerahan motor wajib menunjukkan KTP asli pendaftar, Kartu Keluarga Asli, STNK Asli (Nama di STNK boleh berbeda dengan nama di KTP) dan menandatangani bukti pengiriman. Tangki BBM dikosongkan, Spion dilepas dan di bawa sendiri oleh Peserta. Helm dibawa oleh masing-masing peserta, dan tidak dapat dikirimkan bersama motor.

Untuk pengambilan sepeda motor di Stasiun tujuan akan dikenakan biaya parkir oleh PT Reska. Apabila terjadi kehilangan yang disebabkan oleh keterlambatan pengambilan sepeda motor, maka hal tersebut merupakan tanggung jawab masing-masing peserta.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X