Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ambisi Malaysia Jadi Macan Asia dalam Tiga Tahun

Kompas.com - 20/03/2019, 13:30 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Malaysia bakal kembali menyandang status sebagai Macan Asia dalam tiga tahun ke depan. Hal ini diungkapkan oleh Menteri Keuangan Malaysia Lim Guan Eng.

Dilansir dari Bernama yang dikutip The Star, Rabu (20/3/2019), ada beberapa alasan yang mendasari ambisi tersebut. Lim menuturkan, pada tahun 2018 investasi asing langsung ke Malaysia melonjak 48 persen menjadi 80,5 miliar ringgit.

Angka ini jauh lebih tinggi dibanding realisasi investasi asing langsung pada tahun 2017 yang mencapai 54,4 miliar dollar AS. Menurut Lim, hal ini mencerminkan keyakinan investor terhadap kesehatan ekonomi Malaysia.

Baca juga: Singapura dan Malaysia Negara dengan Talenta Pekerja Terbaik Asia Tenggara, Indonesia?

Lim memaparkan, investasi dari China dan Jepang yang masuk ke Malaysia meningkat secara signifikan. Oleh sebab itu, ia berharap investor dalam negeri juga akan mengikuti.

"Data 2018 positif meski ada sejumlah prediksi dan saya pikir ekonomi Malaysia mencatat progres yang baik. Kita telah melampaui konsensus estmasi," jelas Lim pada acara Invest Malaysia 2019.

Selain itu, Lim juga menyatakan Indeks Produksi Industrial Malaysia berada pada level 3,2 persen pada Januari 2019. Angka ini lebih tinggi dibandingkan estimasi yang dikumpulkan oleh Bloomberg, yakni 2,3 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com