Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bangun 7.000 Kilometer Rel KA, Pemerintah Butuh 65,6 Miliar Dollar AS

Kompas.com - 20/03/2019, 20:08 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Indonesia menargetkan memiliki rel kereta api sepanjang 13.000 kilometer di 2030. Saat ini, di seluruh Indonesia baru ada 6.000 kilometer rel kereta api.

Kasubdit Lalu Lintas, Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Yudi Karyanto mengatakan, untuk mewujudkan hal tersebut setidaknya membutuhkan dana sekitar 65,6 miliar dollar AS.

“Jadi totalnya kita butuh 65,595 miliar dollar AS, maka kami mengundang hadirin di sini untuk berinvestasi dalam pembangunan ini,” ujar Yudi di acara Indonesia Railway Conference 2019 di Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Rabu (20/3/2019).

Baca juga: 4 Persiapan Wajib Sebelum Berebut Tiket Mudik dengan Kereta Api

Yudi menjelaskan, dari anggaran tersebut, sebanyak  30,065 miliar dollar AS akan digunakan untuk pembangunan intercity railway sepanjang 9,210 kilometer dan urban railway sepanjang 3,755 km.

Sisanya sebanyak 35,527 miliar dollar AS akan digunakan untuk keperluan rolling stock. Nantinya, akan ada 8 proyek yang diprioritaskan, yakni pembangunan tiga urban transport dan lima intercity transport.

“Anggarannya 36 persen dari APBN, 64 persen dari private atau BUMN,” kata Yudi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com