Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Telat Wawancara Kerja, Harus Tiba Berapa Menit Lebih Awal?

Kompas.com - 24/05/2019, 05:22 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

LONDON, KOMPAS.com - Wawancara kerja seringkali merupakan saat yang menegangkan. Banyak pertanyaan yang muncul di pikiran, seperti pakaian apa yang patut dikenakan, jam berapa harus tiba, hingga bagaimana menjawab pertanyaan sulit.

Terkait waktu yang tepat untuk hadir dalam wawancara kerja, hal ini adalah etiket yang cukup menjebak. Sebab, ada anggapan bahwa datang terlalu awal tidak bagus, namun datang terlambat juga tidak bagus.

Namun, jangan khawatir. Sebab, para ahli memberikan pandangan dan saran kepada Anda terkait waktu yang tepat untuk hadir dalam wawancara kerja.

Baca juga: 6 Sikap yang Harus Dihindari Ketika Wawancara Kerja

CEO HR Strategy Group Amy Polefrobe mengatakan, dirinya meyakini bahwa datang lebih awal 10 sampai 15 menit adalah waktu yang tepat untuk memberikan kesan yang baik bagi perusahaan.

"(Ini menunjukkan bahwa) Anda siap, Anda ingin melakukannya, dan mampu menjalankan permainan," jelas Polefrone seperti dikutip dari Cosmopolitan UK, Jumat (24/5/2019).

Akan tetapi, bila Anda datang terlampau awal, maka Anda akan memberikan kesan yang kurang baik di mata perusahaan. Pihak perusahaan akan bertanya-tanya, mengapa Anda memiliki begitu banyak waktu luang dan akhirnya mereka merasa terburu-buru.

Baca juga: Tips agar Bisa Jawab Pertanyaan saat Wawancara Kerja

"Jika Anda tiba terlalu awal, ini membuat tim pewawancara merasa gugup dan bertanya-tanya, 'Mengapa dia datang sangat cepat?' Ini pun membuat tim pewawancara merasa harus tergesa-gesa," ungkap Polefrone.

Walau begitu, jangan lupa pula bahwa Anda tidak boleh datang terlambat saat wawancara kerja. Sebab, ini membuat pihak perusahaan tidak terkesan dan menciptakan citra buruk bagi Anda sendiri.

Data Simply Hired menunjukkan bahwa 93 persen manajer perekrutan tidak mau merekrut pegawai yang terlambat datang saat wawancara kerja.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com