Satelit Telkom 1 Terganggu, Sekitar 12.000 ATM BCA Masih Beroperasi - Kompas.com

Satelit Telkom 1 Terganggu, Sekitar 12.000 ATM BCA Masih Beroperasi

Kurnia Sari Aziza
Kompas.com - 28/08/2017, 12:49 WIB
Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk Jahja Setiaatmadja di Jakarta, Senin (20/6/2016).Sakina Rakhma Diah Setiawan/Kompas.com Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk Jahja Setiaatmadja di Jakarta, Senin (20/6/2016).

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk Jahja Setiaatmadja membantah kabar yang menyebutkan bahwa sekitar 70 persen ATM BCA tak beroperasi secara optimal.

Hal itu disebabkan karena adanya gangguan satelit Telkom 1 yang berdampak kepada offline-nya jaringan ATM beberapa bank.

Menurut Jahja, total ATM BCA ada 17.210 di 11.530 lokasi. Dari sejumlah itu, ATM yang terdampak dan tidak beroperasional sekitar 5.700 ATM atau 30 persen terdampak.

"Jadi berita yang menyebutkan 70 persen (ATM) terkena, enggak benar, masih ada sekitar 12.000 ATM (tepatnya 11.510 ATM) yang masih beroperasi," kata Jahja di Jakarta, Senin (28/8/2017).

(Baca: ATM Terganggu, Proses Perbaikan Satelit Tengah Berlangsung)

Saat ini, tim BCA bekerja sama dengan seluruh operator penyedia jasa komunikasi tengah melakukan upaya recovery.

Nasabah, lanjut dia, dapat memperoleh informasi mengenai ATM BCA yang beroperasi melalui https://www.bca.co.id/lokasi. Terkait dengan hal tersebut, BCA menyampaikam permohonan maaf.

Sebagaimana diketahui, satelit Telkom 1 mengalami gangguan berupa pergeseran pointing antena satelit.

Untuk memperbaikinya, BUMN ini dibantu oleh Lockheed Martin selaku produsen satelit. Terkait dengan gangguan ini, ATM dari sejumlah bank mengalami offline, yang di antaranya adalah ATM BCA dan Bank Mandiri.

Kompas TV Jaringan BRI Baru Pulih Sebagian

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisKurnia Sari Aziza
EditorAprillia Ika
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM