Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Satelit Telkom 1 Terganggu, Sekitar 12.000 ATM BCA Masih Beroperasi

Kompas.com - 28/08/2017, 12:49 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk Jahja Setiaatmadja membantah kabar yang menyebutkan bahwa sekitar 70 persen ATM BCA tak beroperasi secara optimal.

Hal itu disebabkan karena adanya gangguan satelit Telkom 1 yang berdampak kepada offline-nya jaringan ATM beberapa bank.

Menurut Jahja, total ATM BCA ada 17.210 di 11.530 lokasi. Dari sejumlah itu, ATM yang terdampak dan tidak beroperasional sekitar 5.700 ATM atau 30 persen terdampak.

"Jadi berita yang menyebutkan 70 persen (ATM) terkena, enggak benar, masih ada sekitar 12.000 ATM (tepatnya 11.510 ATM) yang masih beroperasi," kata Jahja di Jakarta, Senin (28/8/2017).

(Baca: ATM Terganggu, Proses Perbaikan Satelit Tengah Berlangsung)

Saat ini, tim BCA bekerja sama dengan seluruh operator penyedia jasa komunikasi tengah melakukan upaya recovery.

Nasabah, lanjut dia, dapat memperoleh informasi mengenai ATM BCA yang beroperasi melalui https://www.bca.co.id/lokasi. Terkait dengan hal tersebut, BCA menyampaikam permohonan maaf.

Sebagaimana diketahui, satelit Telkom 1 mengalami gangguan berupa pergeseran pointing antena satelit.

Untuk memperbaikinya, BUMN ini dibantu oleh Lockheed Martin selaku produsen satelit. Terkait dengan gangguan ini, ATM dari sejumlah bank mengalami offline, yang di antaranya adalah ATM BCA dan Bank Mandiri.

Kompas TV Jaringan BRI Baru Pulih Sebagian

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com