Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trump Sumbang Rp 13,3 Miliar untuk Korban Badai Harvey

Kompas.com - 02/09/2017, 11:30 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber CNBC

WASHINGTON, KOMPAS.com - Presiden AS Donald Trump berjanji menyumbangkan 1 juta dollar AS atau setara sekitar Rp 13,3 miliar untuk membantu para korban badai Harvey. Dana tersebut dikeluarkan dari kekayaan pribadi Trump.

Pernyataan tersebut dikonfirmasi oleh sekretaris pers Gedung Putih Sarah Huckabee Sanders. Menurut dia, Trump belum memutuskan ke organisasi mana dana tersebut akan disumbangkan. Menurut Sanders, Trump memintanya untuk bertanya kepada para awak media agar mendapatkan saran. Pasalnya, para jurnalis kerap meliput organisasi amal dan upaya-upaya donasi yang dilakukan untuk membantu korban bencana tersebut.

"Ia akan menyumbang 1 juta dollar AS dari uang pribadinya untuk membantu para warga baik di Texas maupun Louisiana," ujar Sanders seperti dikutip dari CNBC, Sabtu (2/9/2017).

Ini bukan pertama kalinya Trump menyumbangkan gaji maupun uang pribadinya untuk kegiatan sosial. Ia mendonasikan gaji pertamanya sebagai Presiden AS ke Layanan Taman Nasional AS dan gaji keduanya untuk kegiatan di Departemen Pendidikan AS.

Trump dan Ibu Negara Melania Trump bertolak ke Texas dan Louisiana setelah sebelumnya mengunjungi Corpus Christi, Texas untuk bertemu dengan para korban maupun petugas yang membantu mereka.

Adapun Wakil Presiden Mike Pence bertolak ke wilayah terdampak bencana badai tersebut di Rockport, Texas. Sumbangan yang dilakukan Trump ini merupakan salah satu komitmen finansial terbesar yang dilakukan presiden AS untuk kegiatan amal.

Sanders tidak menjelaskan apakah dana tersebut berasal dari dana pribadi Trump atau yayasan amalnya, Trump Foundation. Trump pernah mengestimasi kekayaannya mencapai lebih dari 10 miliar dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com