Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hingga Hari Ini, Masih Ada ATM BCA yang Belum Berfungsi

Kompas.com - 11/09/2017, 07:07 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Gangguan (anomali) yang terjadi pada satelit Telkom 1 beberapa waktu lalu menyebabkan layanan anjungan tunai mandiri (ATM) sejumlah bank turut mengalami gangguan dan tak dapat digunakan.

Salah satu bank yang terdampak adalah PT Bank Central Asia Tbk. Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja menuturkan, sejauh ini timnya telah memperoleh dukungan penuh dari PT Telkekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk, Rintis, dan beberapa pihak lain dalam proses repointing antena.

"Di tengah kendala di lapangan yang terjadi antara lain untuk men-direct ke satelit baru, bisa terhalang dengan gedung atau pohon sehingga harus menggeser letak posisi antena per lokasi," kata Jahja melalui pesan singkat, Minggu (10/9/2017).

Jahja menyatakan, proses pemulihan membutuhkan waktu dan tenaga yang besar. Namun demikian, secara umum, imbuh dia, dapat disimpulkan bahwa proses pemulihan dapat diselesaikan dengan baik.

Akan tetapi, setelah ATM kembali tersambung dengan satelit, masih perlu dilakukan beberapa hal teknis. Ini antara lain mengisi ATM yang off dan beberapa ATM yang dikosongkan demi alasan keamanan juga perlu diisi kembali.

Oleh karenanya, Jahja menyatakan ada kemungkinan sejumlah mesin ATM BCA masih belum dapat digunakan pada hari ini, Senin (11/9/2017).

"Maka kemungkinan besar masih ada beberapa mesin ATM kami yang belum berfungsi maksimal," jelas Jahja.

Sekira 5.700 mesin ATM BCA terdampak gangguan yang terjadi pada satelit Telkom 1. Tidak hanya itu, sekitar 121 kantor kas BCA juga mengalami gangguan.

Pihak Telkom sendiri menyatakan telah menyelesaikan pemulihan konektivitas 14.689 sites layanan pelanggan satelit Telkom 1. Secara keseluruhan satelit ini melayani 15.019 sites.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com